Berita Kabupaten Banjar

Sawah Sempat Terancam Kering, Begini Kondisi Terbaru Saluran Kuarter di Kabupaten Banjar

Khususnya untuk sawah di kawasan Kecamatan Martapura Barat, disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum

Sawah Sempat Terancam Kering, Begini Kondisi Terbaru Saluran Kuarter di Kabupaten Banjar
Isti Rohayanti
Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar, Mokhammad Hilman. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pada penanganan tindakan ancaman kekeringan yang terjadi di Kabupaten Banjar, kini petani dan pembudidaya ikan sudah bisa tenang.

Khususnya untuk sawah di kawasan Kecamatan Martapura Barat, disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar, Mokhammad Hilman air untuk pertanian sudah kembali mengalir.

"Alhamdulillah, siang kemaren (2/8) pengawalan air irigasi ke kawasan persawahan yang terancam kekeringan di Kecamatan Martapura Barat sudah sampai ke saluran kuarter," jelas Hilman, Jumat (3/8/2018).

Baca: Martapura FC Cuci Gudang Jelang Putaran Kedua Liga 2 2018, Ini Nama-nama Pemain yang Dilepas

Ia mengatakan pengerjaan tersebut ditangani langsung oleh bagian sumber daya air dinas PUPR Kabupaten Banjar. Selain itu sebelumnya pembersihan irigasi juga dilakukan secara manual.

Ketika pengerjaan berlangsung pada beberapa hari lalu, Hilman mengatakan belum bisa ditentukan kapan selesainya pembersihan tersebut.

Baca: Tangkap Buaya Besar dengan Tali dan Rakit, Berikut Aksi Panji Petualang dan Tyo Survival

Akan tetapi sebagai pencegahan dampak kekeringan, pihaknya juga telah memberikan surat pemberitahuan kepada instansi terkait. Di antaranya Dinas Perikanan dan Kelautan serta Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Banjar.

"Ini menjadi tugas kami melalui komisi irigasi dengan mengharmonisasikan pemakaian air dari pengguna air di sector pertanian, perikanan dan PDAM,” ucap Hilman ketika pengerjaan pembersihan irigasi di mulai pada akhir Juli lalu.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved