Berita Hulu Sungai Tengah

Sebelum Khatam ALquran, 52 Santri TKA Mujahidin Diarak Keliling Lapangan Dwiwarna

Sebanyak 52 santri dan santriwati dari TK/TPA Al Quran Mujahidin Unit 001 Kecamatan Barabai Hulu Sungai Tengah Khatam.

Sebelum Khatam ALquran, 52 Santri  TKA Mujahidin Diarak Keliling Lapangan Dwiwarna
istimewa
Anak-anak santri TKA ALquran Mujahidin, diarak keliling lapangan Dwiwarna sebelum melaksanakan khatam ALquran di Masjid Mujahidin Barabai, Hulu Sungai Tengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Sebanyak 52 santri dan santriwati dari TK/TPA Al Quran Mujahidin Unit 001 Kecamatan Barabai Hulu Sungai Tengah Khatam atau tamat belajar membaca Alquran.

Untuk memberikan semangat kepada anak-anak tersebt, sebelum menamatkan juz terakhir  di Mesjid Mujahidin Barabai, mereka menjalankan tradisi baarak keliling lapangan Dwiwarna Barabai, yang merupakan pusat keramaian di Bumi Murakata.

Sambil diarak keliling alun-alun kota tersebut, mereka diiringi tabuhan hadrah. Start di depan kediaman ataurumah dinas Ketua DPRD HST Jalan Dwiwarna, anak-anak kemudian menuju Masjid Mujahidin Barabai.

Baca: Ingin Tahu Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan Napi untuk Telepon? Ini Rinciannya

Hj Jamilah, salah satu ustadzah TK/TPA Al Qur’an Mujahidin menjelaskan, tradisi maarak (mengajak pawai) anak-anak yang batamat, juga bagian dari syiar.

“Supaya masyarakat tahu, bahwa mereka adalah anak-anak hebat yang mau belajar Alquran sejak kecil, hingga bisa membaca Alquran dalam huruf dan bahasa Arab tersebut. Juga memotivasi anak-anak lain, agar belajar membaca ALquran sampai tamat 30 juz, sehingga tak ada lagi yang buta aksara ALquran ketika sudah dewasa,”katanya.

Baca: Saidi Mansyur Cek Kesiapan Haul Abah Anang

Khataman juga sebagai ungkapan syukur dimana anak-anak berhasil tamat Alquran 30 Juz. Meski sudah tamat membacanya, bukan berarti sudah selesai membaca Alquran.

Tapi, kata Jamilah awal untuk lebih mendalami isi kandungan Kitab Suci hingga menjadi pedoman dalam menjalankan hidup sehari-hari.  Untuk 2018 ini, ada 52 antri yang berhasil menamatkan atau khatam. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

 

Penulis: Hanani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved