Pilpres 2019

Tanda-tanda Partai Berkarya Bakal Dukung Prabowo di Pilpres 2019, Terkait Tommy Soeharto?

Tanda-tanda Partai Berkarya Bakal Dukung Prabowo di Pilpres 2019, Terkait Tommy Soeharto?

Tanda-tanda Partai Berkarya Bakal Dukung Prabowo di Pilpres 2019, Terkait Tommy Soeharto?
KOMPAS.com/ MOH NADLIR
Ketua KPU RI, Arief Budiman Menerima Pendaftaran Partai Berkarya besutan Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto sebagai calon peserta Pemilu 2019. Jakarta, Jumat (13/10/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Tanda-tanda Partai Berkarya Bakal Dukung Prabowo di Pilpres 2019, Terkait Tommy Soeharto?

Ya, sinyal atau tanda-tanda Partai Berkarya Bakal Dukung Prabowo di Pilpres 2019, adalah hadirnya Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau Tommy di acara Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional beberapa waktu lalu.

Demikian diungkap Sekretaris Jenderal Partai Berkarya Priyo Budi Santoso.

Baca: Prabowo Subianto Bilang Capek Setelah Bertemu Amien Rais Bahas Cawapres Pilpres 2019

Pertemuan ulama dan tokoh GNPF merekomendasikan dua paket capres-cawapres, yakni Prabowo Subianto-Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri dan Prabowo Subianto-Abdul Somad.

"Ketika Pak Tommy diundang dalam Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional, beliau telah menyampaikan pandangan, bahwa menghargai dan menghormati ijtima ulama dan tokoh nasional yang ketemu pada beberapa hari lalu," ujar Priyo Santoso, di DPP Partai Berkarya, Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Baca: Pendaftaran Capres-Cawapres Pilpres 2019 Dibuka Besok Sabtu, Begini Tata Cara Pendaftaran dari KPU

Priyo mengungkapkan, tidak tertutup kemungkinan partai bentukan Tommy Soeharto ini bersatu dengan koalisi pendukung Prabowo Subianto.

"Kalau chemisterynya tidak terjadi ya tidak akan terjadi, tetapi arahnya sepertinya begitu. Kalau nanti ternyata chemistry tidak terjadi, kami kan partai yang bebas merdeka untuk menyampaikan pandangan. Tapi dipastikan kami menghormati ijtima ulama kemarin," tutur dia.

Di sisi lain, Priyo menyatakan jika ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) 0 persen, Partai Berkarya bakal mengusung Tommy Soeharto sebagai capres di Pilpres 2019.

Baca: Capres-Cawapres Pilpres 2019 - Ini Tanggal Deklarasi Prabowo Subianto sebagai Capres

“Kami akan mencalonkan pak Tommy Soeharto Hutomo Mandala Putra sebagai capres yang akan kami usung, kalau tresholdnya nol (aturan ambang batas pencalonan capres-cawapres) tapi kalau thresholdnya masih seperti sekarang ini kami harus juga tahu diri,” kata Priyo.

Aturan ambang batas (presidential treshold) tersebut tertuang dalam Pasal 222 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Disebutkan bahwa parpol atau gabungan parpol harus mengantongi 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional untuk bisa mengusung pasangan capres-cawapres dalam pilpres.

Partai Berkarya, kata Priyo, tak menutup kemungkinan akan mengusulkan tokoh baru yang layak didukung partai politik lain.

Baca: Capres-Cawapres Pilpres 2019 - Prabowo Mendaftar Capres 10 Agustus 2018 Kata Ferdinand Hutahaean

Priyo berharap Mahkamah Konstitusi mengabulkan uji materi presidential threshold dalam Pasal 222 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu).

“Kalau keputusan Mahkamah Kontitusi gagah berani ketok palu, presidential threshold 0 persen, saya ingin umumkan arus bawah Partai berkarya mengusulkan Pak Tommy Soeharto sebagai calon presiden," kata mantan wakil ketua DPR RI tersebut. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Partai Berkarya Beri Sinyal Dukung Prabowo di Pilpres 2019

Editor: Royan Naimi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved