Pendiri PKS Meninggal Dunia

Yusuf Supendi Meninggal Dunia, KPU: 'Kalau Meninggal Dunia Bisa Digantikan'

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Wahyu Setiawan, mengatakan posisi Yusuf Supendi masih dapat digantikan orang lain.

Yusuf Supendi Meninggal Dunia, KPU: 'Kalau Meninggal Dunia Bisa Digantikan'
tribunnews.com
H Yusuf Supendi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Calon anggota legislatif dari PDI Perjuangan, Yusuf Supendi meninggal dunia. Bagaimana kelanjutan pencalegan pendiri PKS itu di KPU RI?

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Wahyu Setiawan, mengatakan posisi Yusuf Supendi masih dapat digantikan orang lain.

"Kalau meninggal dunia bisa digantikan," ujar Wahyu, Jumat (3/8/2018).

Baca: Capres-Cawapres Pilpres 2019, Istri AHY Makan Siang dengan Anak Prabowo, Koalisi?

Berdasarkan Peraturan KPU Pasal 23 ayat 1 Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota disebutkan bacaleg yang sudah ditetapkan sebagai Daftar Caleg Sementara (DCS) dan meninggal dunia dapat diganti.

Baca: Capres-Cawapres Pilpres 2019, Ustaz Abdul Somad Dapat Ancaman Usai Diusulkan Cawapres

Pasal 23 ayat (1) DCS anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dapat diubah apabila:

a. bakal calon tidak memenuhi syarat berdasarkan hasil klarifikasi terhadap adanya masukan dan/atau tanggapan dari masyarakat terkait denga persyaratan bakal calon;

b. bakal calon meninggal dunia; atau

c. bakal calon menungudurkan diri.

Pasal 23 ayat (2) Perubahan DCS Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a dan huruf b, dapat diajukan calon pengganti tanpa mengubah nomor urut calon yang tidak diganti.

Merujuk pada pasal itu, pada saat ini tahapan masih perbaikan berkas pencalonan, belum sampai DCS. DCS baru akan ditetapkan pada 7 Agustus 2018.

"Nama baru, kan partai politik dapat mengirimkan 100 persen di dapil. Kalau meninggal dunia di luar kemampuan manusia siapapun. Sehingga kalau meninggal dunia bisa diganti," tambahnya.

Seperti diketahui, Yusuf Supendi mendaftarkan sebagai bacalag dari PDI P dari daerah pemilihan (dapil) Jabar V. Sebelumnya, dia turut mendirikan PKS pada 1998.

Editor: Didik Trio
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved