Berita Tanahlaut

Cegah Abrasi di Sungai Panjaratan, Pemuda Desa Lakukan Ini

Pemuda di Desa Panjaratan, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut rela berkubang lumpur di dasar sungai Panjaratan, Sabtu (4/8/2018).

Cegah Abrasi di Sungai Panjaratan, Pemuda Desa Lakukan Ini
istimewa
Pemuda di Desa Panjaratan, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut rela berkubang lumpur di dasar Sungai Panjaratan, Sabtu (4/8/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Pemuda di Desa Panjaratan, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut rela berkubang lumpur di dasar Sungai Panjaratan, Sabtu (4/8/2018).

Mereka tergabung dalam organiasi Gahipbta dan Karang Taruna Anapupan Desa Panjaratan melakukan penanaman pohon galam di sekitar lokasi berkumpulnya habibat Bakantan.

Khomaini, anggota Komunitas Gahipbta mengaku bibit pohon Galam banyak terdapat di sekitar lokasi kawasan habibat Bakantan sehingga rugi jika tidak dimanfaatkan.

Baca: Panik, Penumpang Kapal KM Satya Kencana IX Loncat dan Terombang-ambing di Laut Jawa

Manfaat dari pohon Galam itu diyakini Khomaini dapat mencegah abrasi sungai dan jika besar pucuk daun pohon Galam menjadi makanan para satwa Bakantan.

Setelah menanam pohon Galam, Khomaini dan kawan-kawannya berencana menanami bibit pohon Rambai yang diyakini juga makanan satwa Bakantan.

Tidak hanya menanami pohon, Khomaini menjamin komunitas Gahipbta dan Karang Taruna Anapupan Desa Panjaratan akan menjaga kelangsungan pohon itu tumbuh dan besar.

Baca: Pedagang Banjarmasin Khawatir Barangnya Terbakar di Kapal KM Setya Kencana IX

"Kami sudah bersinergi dengan karang taruna di Desa Panjaratan menjaga kawasan hunian para Bekantan menjadi rindang dan hijau," katanya.

Khomaini berharap peran pemerintah Kabupaten Tanahlaut mewujudkan kawasan hunian para Bekantan itu menjadi kawasan konservasi satwa khas Bakantan.

Baca: MotoGP Ceko 2018 - Untuk Kesekian Kalinya Maverick Vinales Gagal Lolos ke Q2

"Satwa Bakantan ini hewan endemik Kalsel yang masih banyak di Desa Panjaratan. Kami ingin pemerintah sesegeranya mewujudkan kawasan konservasi Bakantan tersebut dan membekali para pemuda untuk menjaga kawasan konservasi nantinya," harap Khomaini. (banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help