Berita Tabalong

Diketahui Sedang Lakukan Verifikasi Bacaleg, Ini yang Dilakukan KPU Tabalong

Komisioner KPU Tabalong Noor Abdilah, saat dikonfirmasi, Sabtu (4/8/2018) membenarkan saat ini pihaknya masih melakukan proses verifikasi.

Diketahui Sedang Lakukan Verifikasi Bacaleg, Ini yang Dilakukan KPU Tabalong
banjarmasin post group/dony usman
Komisioner KPU Tabalong Noor Abdilah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Sesuai tahapan yang ditetapkan, semua parpol telah memasukan dokumen perbaikan daftar calon dan syarat calon anggota legislatif, serta pengajuan bakal calon pengganti ke KPU Tabalong.

Dengan telah masuknya dokumen perbaikan dari semua parpol, maka kini sesuai tahapan yang ada, proses verifikasi pun sedang dilakukan.

Komisioner KPU Tabalong Noor Abdilah, saat dikonfirmasi, Sabtu (4/8/2018) membenarkan saat ini pihaknya masih melakukan proses verifikasi.

Baca: Pastikan Ada yang Meninggal, Tiga Kapal Evakuasi Puluhan Penumpang KM Satya Lencana IX di Laut Jawa

"Semua parpol sudah memasukan dokumen perbaikan sesuai jadwal dan sekarang masih kami verifikasi sampai dengan tanggal 7 Agustus," jelasnya.

Apabila proses verifikasi dokumen perbaikan telah selesai maka barulah nantinya bisa dilakukan penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS).

Tahapan penyusunan dan penetapan DCS sendiri sesuai jadwal yang ada akan berlangsung dari 8 Agustus sampai dengan 12 Agustus 2018.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming Ochannel Bali United vs PSIS Semarang, Tanpa Lilipaly

Setelah itu, akan dilakukan tahapan berikutnya yaitu pengumuman DCS yang berlangsung dari 12 Agustus sampai dengan 14 Agustus 2018.

Sedangkan untuk penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) akan dilakukan pada 20 September 2018.

Sebelum DCT ditetapkan inilah bagi mereka yang harus mengundurkan dari pekerjaan karena menjadi caleg, maka harus sudah menyerahkan SK pemberhentian yang definitif

"SK definitif untuk pemberhentian satu hari sebelum DCT wajib ada, kalau tidak ada, kita coret," tegasnya.

Baca: Dikabarkan Jadi Cawapres Jokowi di Pilpres 2019, Soekarwo : Ketinggian, Saya Kumpul Sama Kalian Saja

Diketahui dari 15 parpol yang menjadi kontestan terdapat ada 355 orang bacaleg, terdiri bacaleg laki-laki 215 orang dan bacaleg perempuan 140 orang.

Dimana dari data yang itu, ada parpol yang mengajukan bacalegnya sesuai jumlah maksimal yakni 30 orang dan ada juga yang hanya mengajukan 3 orang bacaleg.

Sedangkan untuk dapil, dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Tabalong semuanya terbagi dalam 4 dapil. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help