Berita Regional

Joki Ujian Masuk Perguruan Tinggi Ditangkap, Ini Modus dan Imbalan yang Didapatnya

Pelaku perjokian ujian masuk perguruan tinggi Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tertangkap. Pelaku langsung diserahkan kepada pihak berwajib.

Joki Ujian Masuk Perguruan Tinggi Ditangkap, Ini Modus dan Imbalan yang Didapatnya
Dok Humas UNY
Rektor UNY memantau ujian tulis seleksi mandiri pada Minggu (22/7/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pelaku perjokian ujian masuk perguruan tinggi Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tertangkap. Pelaku langsung diserahkan kepada pihak berwajib.

Kepala Biro Admisi UMY, Siti Dyah Handayani, mengatakan, tertangkapnya pelaku joki atas nama BNP (19) warga Muntilan, Magelang, ini bermula ketika dirinya tengah melakukan pengawasan ujian masuk gelombang IV Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, UMY, pada Jumat (3/8/2018).

 "Saat itu tes gelombang IV tahap kedua, kami chek semua kelengkapan peserta, termasuk mencocokan identitas. Ketika dia (pelaku) dichek, di data kami ada KTP dengan nama yang sama, nomor KTP sama tetapi wajah (KTP) berbeda," ujar Dyah, saat ditemui usai melaporkan kasus perjokian ke Polsek Kasihan, Jum'at sore.

Baca: Nama Cucu Jokowi Sedah Mirah Ternyata Mirip Pujangga Ayu Istri Raja Keraton Surakarta

Dari data tersebut, Dyah mengaku sudah mulai curiga. Namun ia memutuskan untuk memberi waktu kepada pelaku untuk mengerjakan soal ujian masuk terlebih dahulu. Mata pelajaran yang sedang diujikan, kala itu, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Selesai mengerjakan ujian, Dyah bersama tim ujian masuk UMY kemudian meminta keterangan dari BNP.

"Setelah selesai ujian. Kami mintai keterangan, dia (BNP) mengaku bahwa dia mengerjakan ujian untuk orang lain (joki)," terangnya.

Baca: Masih Ingat Video Luna Maya-Ariel-Cut Cari? Ternyata Kasusnya Bergulir Lagi Lho

Baca: Prediksi & Jadwal Siaran Langsung Inter Milan vs Lyon Live TVRI & INews TV di ICC 2018

Tumbuh Dalam Diri Mahasiswa

Adapun soal ujian masuk yang sedang dikerjakan oleh BNP merupakan soal yang sebenarnya dikerjakan atas nama ALW, warga Jambi.

Menurut Dyah, UMY sendiri sebenarnya sudah memakai sistem yang relatif ketat dalam menyelenggarakan seleksi ujian masuk. Namun, tetap saja masih ada yang memakai joki.

Baca: Prabowo Subianto Bilang Capek Setelah Bertemu Amien Rais Bahas Cawapres Pilpres 2019

Halaman
12
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved