Berita Banjarmasin

Penggunaan Kartu ATM Magnetik Masih Bisa Digunakan di Banjarmasin

Tujuan utama penggunaan chip pada kartu debet dan ATM adalah dari segi keamanan yang lebih aman dibanding teknologi magnetic.

Penggunaan Kartu ATM Magnetik Masih Bisa Digunakan di Banjarmasin
istimewa
Konsumen Indomaret saat melakukan transaksi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -  Dalam beberapa tahun terakhir ini Bank Indonesia (BI) menginstruksikan perbankan agar menggunakan chip pada kartu debet atau Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Tujuan utama penggunaan chip pada kartu debet dan ATM adalah dari segi keamanan yang lebih aman dibanding teknologi magnetic.

agnetic stripe card adalah jenis kartu yang mampu menyimpan data dengan memodifikasi magnet partikel berbasis besi kecil pada pita bahan magnetik pada kartu tersebut.

Baca: Pastikan Ada yang Meninggal, Tiga Kapal Evakuasi Puluhan Penumpang KM Satya Lencana IX di Laut Jawa

Kartu debet atau kredit dengan magnetic sendiri adalah jenis kartu yang mempunyai strip berwarna hitam, terbuat dari magnet-magnet kecil yang mampu menyimpan informasi nasabah.

Sedangkan kartu berteknologi chip, membaca data lewat chip yang tertanam dalam kartu. Chip tersebut memiliki PIN (Personal Identification Number). Saat bertransaksi menggunakan kartu yang memiliki chip, mesin pemrosesnya disebut dengan Point of Sale (POS) terminal.

Baca: Sambil Berbisik Jokowi Pasang Target Indonesia di Asian Games 2018, Ini yang Diucapkannya

Data yang ada di dalam chip akan terbaca di terminal tersebut, nasabah diminta untuk memberikan PIN, Bila PIN telah dimasukkan dan benar, makan barulah transaksi dapat diproses. Sehingga kartu yang memiliki chip tidak akan dapat dibaca jika PIN tidak dimasukkan.

Meski demikian, beberapa retail modern di Banjarmasin, seperti halnya di retail Giant Ekstra Banjarmasin masih menerima kartu debet atau kredit yang magnetic.

Dijelaskan Kepala Kasir Giant Ekstra, Siti Khadijah, Sampai saat ini untuk penggunaan kartu debet atau kredit magnetik masih bisa berlaku di Giant.

Baca: Hasil (Skor) Akhir Persipura vs Barito Putera : Skor Akhir 5-1, Petaka Kartu Merah Evans

"Untuk kartu debet atau kredit yang ada chip selain magnetik dalam satu kartu, kami masih mengutamakan menggunakan pakai chip," ujar Dijah.

Lebih lanjut Dijah menjelaskan karena belum ada instruksi dari perbankan dan kantor pusat giant yang mengharuskan hanya menggunakan kartu debet atau kredit chip jadi ia masih menerima yang magnetic.

Merchant lain juga masih bisa menerima penggunaan kartu debet dan kredit yang tidak ada chip, seperti halnya di Indomaret.

Baca: BKN Umumkan Portal SSCN Seleksi Penerimaan CPNS 2018 Diperbaiki, Ini Kisi-kisi Soal Tes CPNS 2018

Dikatakan, Kasir Indomaret Hasan Basri 99, Ela Agustina Puteri, di tempatnya masih bisa menggunakan debet dan kredit yang magnetic.

"Sejauh ini di sini masih bisa digunakan kartu ATM yang menggunakan magnetic," ujar Ela.

(banjarmasinpost.co.id/ Muhammad Maulana)

Penulis: M Maulana
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved