Berita Kalteng

Dalam Dua Minggu, Empat Pusat Perbelanjaan Terbakar di Kalteng, Polisi Hanya Menduga-duga

Kondisi ini menjadi pertanyaan bagi warga Kateng, karena kebakaran yang terjadi rata-rata menimpa pusat perbelanjaan

Dalam Dua Minggu, Empat Pusat Perbelanjaan Terbakar di Kalteng, Polisi Hanya Menduga-duga
Istimewa
Kebakaran menimpa ratusan kios dan lapak juga toko di pasar Pendopo Muarateweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID PALANGKARAYA - Kebakaran hebat terjadi di empat pusat perbelanjaan seperti pasar dan pertokoan di empat kabupaten di Kalimantan Tengah yang menghanguskan hingga ratusan kios maupun lapak dan toko.

Kondisi ini menjadi pertanyaan bagi warga Kateng, karena kebakaran yang terjadi rata-rata menimpa pusat perbelanjaan seperti pertokoan atau ruko dan pasar tradisional dan jeda kebakaran hanya beberapa hari saja.

Namun, hingga Minggu (5/8/2108) polisi belum bisa memastikan penyebab pasti kebakaran dan hanya menduga , akibat korsleting listrik maupun tabung gas yang meledak, sehingga mengakibatkan kebakaran di pasar atau pusat perbelanjaan tersebut.

Baca: Namanya Hilang dalam Bursa Capres Cawapres, Gatot Nurmantyo: Saya Menjemput Takdir Saja

Kebakaran yang baru saja terjadi di Ampah, Kecamatam Dusun Timur Kabupaten Barito Timur, menghanguskan toko material bangunan, sehingga banyak barang yang tak dapat diselamatkan, Sabtu (4/8/2018), kemarin.

Lokasi kebakaran bertepatan dengan Simpang Tiga Bundaran menuju arah Buntok dan Muara Teweh dan Tamiang Layang tepat di samping masjid Agung Baiturrahman , kawasan padat penduduk dan pertokoan. Kebakaran menghaguskan toko milik H Abul penjual bahan material dan tabung gas.

Baca: Live Streaming TVRI Final Kejuaraan Dunia Bulutangkis (BWF World Championship 2018) Siang Ini

Kebakaran lebih hebat menghanguskan sekitar 500 kios dan lapak juga toko milik Pemkab Barut, terjadi dalam kebakaran Pasar Pendopo di Jalan Panglima Batur, Muarateweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, yang terjadi, Rabu (25/7/2018) malam.

Baca: Jadwal Live Indosiar & Prediksi Susunan Pemain Persebaya vs Persela Liga 1 2018 Pekan 19

Meski banyak pihak berupaya memadamkan api yang berkobar begitu cepat di lokasi pasar terbesar di Muarateweh tersebut, bahkan dengan mengerahkan sejumlah mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Barito Utara dan mesin portable milik warga serta tim relawan lainnya, api hingga membakar ratusan kios dan lapak, serta toko dilokasi tersebut.

Sehari setelah kebakaran Pasar Pendopo di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, kebakaran juga terjadi di Pasar Bawah Timpah, Kecamatan Timpah, Kabupaten Kapuas, Kamis (26/7/2018) siang.

Diduga peristiwa itu disebabkan elpiji yang meledak. Akibatnya, sekitar 20 toko terbakar. Kapolsek Timpah AKP Saifuddin Juhri, menduga, kebakaran akibat tabung gas elpiji meledak, namun pihaknya masih menyelidiki lebih jauh penyebab pastinya.

Kebakaran juga menimpa kebakaran pertokoan yang terjadi diperempatan Jalan Sutan Syahrir - Jalan Hassanudin, Pangkalanbun, Kotawaringin Barat (Kobar), Sabtu (28/7/2018). Kebakaran diidentifikasi berasal dari deretan ruko dan rumah pribadi dan asal api diduga berada di bagian belakang atas deretan ruko. Total 12 ruko dan rumah milik warga yang hangus dan rusak akibat kebakaran tersebut.

Anggota DPRD Kalteng HM Fahruddin, meminta masyarakat tidak beropini macam-macam terkait kebakaran yang terjadi tersebut dan menyerahkan penyelidikan sepenuhnya kepada pihak yang berwajib."Serahkan saja penyelidikannya kepada pihak berwajib,"ujarnya.

(www.banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help