Pilpres 2019

Johan Budi: Pernyataan Jokowi Soal Relawan Siap 'Berkelahi', Jangan Diartikan Secara Fisik

Presiden Joko Widodo kepada relawan agar tidak mencari pemusuhan selama kampanye tapi tidak takut kalau diajak 'berkelahi'.

Johan Budi: Pernyataan Jokowi Soal Relawan Siap 'Berkelahi', Jangan Diartikan Secara Fisik
tribunnews.com
Rapat umum Relawan Jokowi yang digelar di SICC, Bogor, Sabtu (4/8/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Juru Bicara Presiden, Johan Budi meminta masyarakat tidak salah mengartikan maksud pernyataan Presiden Joko Widodo kepada relawan agar tidak mencari pemusuhan selama kampanye tapi tidak takut kalau diajak 'berkelahi'.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam rapat umum bersama relawan di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Sabtu (4/8/2018).

"Jangan bangun permusuhan, jangan membangun ujaran kebencian, jangan membangun fitnah fitnah, tidak usah suka mencela, tidak usah suka menjelekkan orang. Tapi, kalau diajak berantem juga berani," kata Jokowi.

Baca: Kata Fahri Hamzah Soal Jokowi yang Bilang Relawan Tak Takut Bila Diajak Berkelahi

Baca: Kerja Jadi ABK, Buronan Korupsi Rp 1,3 Triliun Ditangkap Saat Kapalnya Berlabuh di Bali

Baca: Kontroversi Arahan Jokowi Pada Relawan, Andi Arief Kapolri Harus Menangkap

Menurut Johan Budi, Presiden kowi menyampaikan kata kiasan kepada relawan agar tidak memfitnah, mengeluarkan ujaran kebencian selama pesta demokrasi rakyat itu. Namun, relawan harus siap memenangkan Pemilu.

"Saya kira yang disampaikan pak Presiden Jokowi kiasan. Jangan diartikan secara fisik, bukan begitu," ujar Johan Budi, ditemui dalam acara pembekalan kepada seluruh bacaleg PDI Perjuangan di Hotel Mercure, Ancol, Minggu (5/8/2018).

Dia menegaskan, kata 'berantam' yang dimaksud Jokowi bukan saling baku hantam dalam arti adu fisik.

"Konteks bukan fisik berantam. Jangan berantam diartikan fisik, saya rasa tidak. Sebelum bicara pak presiden berpesan untuk menjaga jangan memfitnah dan lain sebagainya menjaga persatuan dan kesatuan," tambahnya.

Baca: Kontroversi Arahan Jokowi Pada Relawan, Ruhut Sitompul Bandingkan dengan Semut

Baca: Kontroversi Arahan Jokowi Pada Relawan, Politisi Demokrat Sumber Perpecahan

Baca: Jokowi Arahkan Relawan Tak Menghindar Jika Diajak Berantem, Fadli Zon: Bentuk Provokasi!

Sebelumnya, relawan Joko Widodo berkumpul dan menggelar rapat umum di Sentul, Kabupaten Bogor, pada Sabtu (4/8/2018). Dalam acaara itu, Jokowi berpesan supaya para relawan tidak perlu mencari musuh dalam masa kampanye, tetapi juga siap jika harus terlibat baku hantam.

"Jangan membangun permusuhan, jangan membangun ujaran-ujaran kebencian, jangan membangun fitnah-ftinah. Tidak usah suka mencela, tidak usah suka menjelekkan orang lain. Tapi kalau diajak berantam juga berani," kata Jokowi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Johan Budi Luruskan Pernyataan Jokowi Soal Relawan Siap 'Berkelahi'
(Penulis: Glery Lazuardi/Tribunnews)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help