Berita Balangan

Posbindu Anggrek Wakili Balangan di Lomba Posbindu Provinsi, Begini Peranannya di Masyarakat

Posbindu Anggrek Desa Tekuk Mesjid Kecamatan Batu Mandi akan mewakili Kabupaten Balangan dalam lomba Posbindu PTM

Posbindu Anggrek Wakili Balangan di Lomba Posbindu Provinsi, Begini Peranannya di Masyarakat
istimewa
Posbindu Anggrek Desa Tekuk Mesjid Kecamatan Batu Mandi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Posbindu Anggrek Desa Tekuk Mesjid Kecamatan Batu Mandi akan mewakili Kabupaten Balangan dalam lomba Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Siti Raudah mengungkapkan bahwa, penilaian lomba sudah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan.

Diterangkannya, Posbindu PTM ini merupakan salah satu Upaya Kesehatan Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang kegiatannya monitoring, dan deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, penyakit paru obstruktif akut dan kanker, serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

Baca: Surat Tulisan Tangan SBY yang Tunjuk AHY Cawapres Prabowo Beredar, Ferdinand: Ini Hoax

"Jadi pada dasarnya Posbindu PTM adalah bentuk peran serta masyarakat dalam upaya promotif dan preventif untuk mendeteksi, serta pengendalian dini keberadaan faktor risiko penyakit tidak menular secara terpadu," ungkapnya.

Ditambahkannya, tujuan dari adanya posbindu ini selain untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko PTM dengan sasaran orang dewasa yang berumur 15 tahun sampai 50 tahun, baik kelompok masyarakat yang sehat, ataupun mereka yang berisiko dan penyandang penyakit tidak menular.

Baca: Arahan Jokowi Pada Relawan Jelang Pilpres 2019, Andi Arief Kapolri Harus Menangkap

"Dengan adanya kegiatan ini, selain untuk mendekatkan upaya kesehatan di masyarakat, peningkatan kesadaran, juga rasa kepemilikan dan pendidikan bahwa kesehatan itu adalah tanggung jawab semua orang, dan slogan mencegah lebih baik dari pada mengobati menjadi keseharian masyarakat kita," ujarnya.

Ia mengucapkan selamat kepada Posbindu PTM Anggrek Desa Teluk mesjid yang mewakili Kabupaten Balangan dalam lomba ini.

Baca: Tangis Tasya Kamila Semakin Terdengar saat Ijab Kabul, Aku Berpegang Teguh pada Islam

"Semoga bisa menjadi pengalaman yang berharga bagi kita semua, dan selanjutnya akan bisa menjadi percontohan bagi daerah kami dalam Membudayakan Gaya Hidup Sehat dengan berperilaku CERDIK yaitu Cek kondisi kesehatan anda secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet yang sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup, Kelola stres dalam lingkungan yang kondusif di rutinitas kehidupannya," tutupnya.

(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved