Gempa Lombok

Jumlah Korban Jiwa Gempa Lombok 20 Orang, Ini Update Rincian Asal Para Korban

Korban jiwa akibat gempa bumi di Pulau Lombok sampai Minggu (5/8/2018) malam adalah 20 orang.

Jumlah Korban Jiwa Gempa Lombok 20 Orang,  Ini Update Rincian Asal Para Korban
BMKG
Gempa Lombok NTB 

BANJARMASINPOST.CO.ID, LOMBOK - Korban jiwa akibat gempa bumi di Pulau Lombok sampai Minggu (5/8/2018) malam berdasar keterangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nuda Tenggara Barat (NTB) adalah 20 orang.

Sebelumnya, jumlah korban jiwa gempa Lombok masih di bawah 20 orang, terakhir 16 orang.

"Ada yang meninggal pada hari kejadian gempa, tapi laporannya terlambat masuk ke posko, salah satunya di Aikmel. Ada juga yang meninggal di rumah sakit," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah NTB H Mohammad Rum ketika dihubungi dari Mataram, Minggu.

Baca: Disebut Sebagai Gempa Bumi Utama, BMKG Imbau Warga Kembali ke Rumah

Ia menyebutkan korban meninggal dunia di Kabupaten Lombok Timur meliputi 10 orang di Kecamatan Sambelia, lima orang di Kecamatan Sembalun, dan satu warga Kroya di Kecamatan Aikmel. Selain itu ada lima korban jiwa di Kabupaten Lombok Utara.

"Jumlah korban meninggal dunia di Lombok Utara tidak ada laporan tambahan (dari) yang masuk pada saat rapat koordinasi penanganan bencana gempa di Desa Madayin pada Sabtu (4/8)," kata Mohammad Rum.

Baca: BREAKING NEWS : Peringatan Gempa 7.0 di Lombok, NTB dari BMKG

Kepala Dinas Sosial NTB Ahsanul Khalik mengatakan dinas akan segera mengurus santunan masing-masing Rp15 juta dari Kementerian Sosial kepada ahli waris dari korban gempa, yang datanya baru masuk.

"Segera diurus sama Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial NTB, untuk dilaporkan ke Kemensos," katanya.

Kementerian Sosial sudah menyerahkan dana santunan tahap pertama untuk para korban gempa bumi di Pulau Lombok sebesar Rp675 juta.

Baca: Masih Berharap Jadi Capres-Cawapres di Pilpres 2019, Gatot Nurmantyo : Saling Pendekatan Lah

Dana itu akan digunakan untuk memberikan santunan kepada ahli waris 15 orang yang meninggal dunia akibat gempa, serta memberikan bantuan masing-masing Rp2,5 juta kepada 40 warga yang terluka akibat gempa.

Selain menyebabkan korban jiwa, gempa bumi berkekuatan 6,4 pada Skala Richter yang mengguncang Pulau Lombok dan Sumbawa pada 29 Juli 2018 menyebabkan bangunan rumah warga dan fasilitas umum rusak. (ant)

Editor: Royan Naimi
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved