Berita Tanahlaut

Atasi Krisis Kekeringan di Tanahlaut, Eko Siagakan Tiga Unit Armada Tangki Air Bersih

Mengantisipasi kemungkinan kemarau dan krisis air bersih di wilayah Kabupaten Tanahlaut, tiga unit armada mobil tangki air bersih disiapkan.

Atasi Krisis Kekeringan di Tanahlaut, Eko Siagakan Tiga Unit Armada Tangki Air Bersih
banjarmasin post group/ mukhtar wahid
Direktur PDAM Tanahlaut, Eko Sugiharto 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Mengantisipasi kemungkinan kemarau dan krisis air bersih di wilayah Kabupaten Tanahlaut, tiga unit armada mobil tangki air bersih disiapkan.  

Itu dikatakan Direktur PDAM Tanahlaut, Eko Sugiharto dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, Selasa (1)7/8/2018) petang. 

Eko mengaku saat ini tiga wilayah Kecamatan di Kabupaten Tanahlaut belum terlayani air bersih. Itu adalah Kecamatan Kurau, Kecamatan Bumimakmur dan Kecamatan Kintap.  

Baca: Cara Jalan Roro Fitria Diketawakan Hakim, Disebut Seperti Boneka, Roro Hanya Tertawa Kecil

Baca: Live TVRI! Live Streaming Chelsea vs Olympique Lyon ICC 2018 via Live Streaming TVRI InewsTV

Kecamatan lainnya tidak terkendala air bersih karena sudah dilayani sambungan rumah tangga PDAM. 

"Jika terjadi krisis air bersih, mobil Damkar dan mobil BPBD Tanahlaut andil menyuplai kebutuhan air bersih bagi warga setiap tahunnya," katanya. 

Diakui Eko Sugiharto, SPAM Regional Banjarbakula yang sedang berproses akan memberikan layanan air bersih di Kecamatan Kurau, Kecamatan Bumimakmur dan Kecamatan Batibati. 

Baca: Ciri-ciri Cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2019 Diungkap, Said : Mewakili Suara Umat

Khusus Kecamatan Kintap, Eko mengaku sudah terbangun SPAM IKK Kintap yang terkendala debut air sungai Kintap dan intrusi air laut. 

"Ini masih diupayakan mengambil sumber air baku dari air pengunungan di Desa Riamadungan dan Desa Salaman," katanya.  

Tiga wilayah Kecamatan yang terancam krisis air bersih setiap tahun adalah Kecamatan Kurau, Kecamatan Bumimakmur dan Kecamatan Kintap.  

Krisis air bersih itu di tiga wilayah Kecamatan itu menjadi ladang usaha penjual air bersih. Penjual air membeli dari sumur gali di Malukabaulin.  

Baca: Pendaftaran Jokowi ke KPU Hari Jumat 10-08-2018, Cawapres Diumumkan Kamis

Air bersih sumur gali Malukabaulin itu melayani warga di Kecamatan Kurau, Kecamatan Bumimakmur dan sebagian di Kecamatan Takisung. 

Bambang, warga Kecamatan Bumimakmur mengaku setiap tahun mengalami krisis air bersih dan tandon Pamsimas yang ada untuk penampungan air bersih bantuan Pemerintah Kabupaten Tanahlaut. 

"Setiap tahun pasti daerah kami selalu kekeringan dan krisis air bersih," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid) 

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help