Berita Kalteng

Ini Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Triwulan II Tahun 2018 versi BPS

Kepala BPS Kalteng Hanif Yahya, mengungkapkan, Ekonomi Kalteng triwulan II-2018 terhadap triwulan II-2017 tumbuh 5,66 persen.

Ini Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Triwulan II Tahun 2018 versi BPS
Tribun Kalteng/Fathurahman
Kepala BPS Kalteng, Hanif Yahya, saat memaparkan petumbuhan ekonomi Kalteng. 

BANJARMASINPOST.CO.ID PALANGKARAYA - Badan Pusat Statistik Kalimantan Tengah, melansir pertumbuhan ekonomi Kalteng Triwulan II Tahun 2018, hingga Selasa (8/8/2018) yang diukur berdasar PDRB.

Perekonomian Kalimantan Tengah triwulan II-2018 yang diukur berdasarkan Produk Dometik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp33.867,0 miliar dan atas dasar konstan 2010 mencapai Rp23.087,1 miliar.

Kepala BPS Kalteng, Hanif Yahya, mengungkapkan, Ekonomi Kalimantan Tengah triwulan II-2018 terhadap triwulan II-2017(y-on-y) tumbuh 5,66 persen.

"Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Kategori Perdagangan Besar-Eceran dan Reparasi Mobil-Sepeda Motor yang tumbuh 11,76 persen, diikuti Kategori Pertanian yang tumbuh 9,90 persen dan Jasa Pendidikan sebesar 9,76 persen," ujarnya.

Baca: Wow! Februari Tahun Depan, Juventus Juara Liga Italia Lagi dan Segera ke Liga Champions

Namun, dari sisi pengeluaran pertumbuhan didorong oleh semua komponen. "Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Ekspor sebesar 14,27persen, diikuti Komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) yang tumbuh sebesar 11,82 persen dan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) sebesar 6,64
persen," ujarnya lagi.

Ekonomi Kalimantan Tengah triwulan II-2018 terhadap triwulan I-2018 (q-to-q) mengalami kontraksi -1,18 persen.

Dari sisi produksi pertumbuhan tertinggi dicapai oleh kategori administrasi pemerintahan, pertahanan dan Jaminan sosial wajib yang tumbuh 5,42 persen.

Sedangkan Kategori Pertanian, Kehutanan, dan perikanan; pertambangan dan penggalian; serta konstruksi mengalami kontraksi.

Sementara dari sisi pengeluaran pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Pengeluaran Konsumsi Pemerintah yang tumbuh 7,89 persen, sedangkan komponen ekspor mengalami kontraksi.

Baca: Jelang Bursa Transfer Liga Inggris Ditutup, Pelatih Manchester City Ingin Datangkan Satu Pemain Lagi

Pertumbuhan ekonomi kalimantan tengah semester I-2018 tumbuh 5,12 persen. "Hanya Kategori Pertambangan dan Penggalian yang mengalami kontraksi," katanya.

Sementara dari sisi pengeluaran pertumbuhan didorong oleh semua komponen. Pertumbuhan tertinggi dicapai komponen pengeluaran konsumsi lembaga non profit yang melayani rumah tangga (LNPRT) yang tumbuh 11,46 persen.

Struktur ekonomi kalimantan secara spasial pada triwulan II-2018 masih didominasi oleh Provinsi kalimantan timur sebesar 52,03 persen. "Provinsi Kalimantan Tengah berada di urutan keempat dengan kontribusi sebesar 11,25 persen," ujarnya lagi. (www.banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved