Haji 2018

Minat Masyarakat Banjarmasin untuk Laksanakan Umrah Menurun

Beberapa penyelenggara umrah di Banjarmasin bahkan harus meningkatkan biaya umrah.

Minat Masyarakat Banjarmasin untuk Laksanakan Umrah Menurun
istimewa
HAJI 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Masih berlangsungnya pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika kian meluas, beberapa bisnis yang sangat terdampak di antaranya bisnis penyelenggara haji dan umrah.

Beberapa penyelenggara umrah di Banjarmasin bahkan harus meningkatkan biaya umrah. Hal ini disebabkan masih tingginya nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika.

Dijelaskan Direktur Travel Al Banjary, M Rizki Akbari, setiap ada kenaikan kurs dolar pasti berpengaruh terhadap harga jual umrah, karena patokan harga jual umrah adalah kurs dolar.

Baca: Deklarasikan Ustadz Abdul Somad Jadi Cawapres di Pilpres 2019, Novel : Bisa Diterima Semua Golongan

Dalam bisnis penyelenggara haji dan umrah, karena banyak mengandalkan jasa dari pihak luar negeri termasuk tiket penerbangan, hotel, dan akomodasi, banyak komponen biaya yang dipatok dalam Dollar Amerika Serikat. 

Biaya maskapai penerbangan saja yang di hitung dan di kurs kan dari Dollar Amerika Serikat menjadi komponen biaya paling besar dalam harga paket Umrah mencapai 75 persen. 

Baca: Gatot Nurmantyo Didukung Jadi Capres di Pilpres 2019, Relawan : Ini Hasil Rapimnas

Otomatis dengan melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat, beban biaya yang dibayarkan dalam Rupiah menjadi lebih besar nilainya. 

"Tarif umrah harus kami naikkan juga, berhubung biaya penerbangan dan operasional lainnya masih bersandar terhadap dollar," ujar Rizki.

Menurut Rizki, minat masyarakat dalam melaksanakan umrah cenderung menurun,  terlebih dengan adanya biaya tambahan visa untuk keberangkatan lebih dari satu kali dalam kurun waktu tiga tahun.

Baca: LIVE STREAMING Singapura vs Brunei di Piala AFF U-16 2018 - Link Live Streaming PSSI TV (PSSI.org)

"Jadi banyak masyarakat mikir-mikir lebih dulu, karena peraturan dari Saudi Arabia memberlakukan bagi yang sudah melaksanakan umrah, kemudian ingin berangkat lagi dalam jarak kurang dari tiga tahun akan ada biaya tambahan visa 2 ribu real," tuturnya.

Ia melanjutkan, dibanding tahun lalu kenaikan biaya umrah bisa mencapai 4 juta, meski dimikian Rizki selalu berusaha memberikan harga yang termurah berbanding dengan fasilitas yg ditawarkan.

Baca: LIVE STREAMING Malaysia vs Laos di Piala AFF U-16 2018 - Link Live Streaming PSSI TV (PSSI.org)

"Kalo soal kenaikan harga artinyakan semua travel mendapatkan imbas yang sama. Tapi kami tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk jamaah," jelasnya.

(banjarmasinpost.co.id/ Muhammad Maulana)

Penulis: M Maulana
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved