Berita Banjar

7.872.3 hektare Lahan di Sungaipinang Akan Bersertifikat

Ada 11 desa di Kecamatan Sungaipinang yang akan dicek oleh Tim Tora Provinsi Kalsel. Total luasan tanah yang disertifikati 7.872.3 hektare.

7.872.3 hektare Lahan di Sungaipinang Akan Bersertifikat
istimewa
Pengukuran tanah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Tim Tanah Objek Reporma Agrasia (Tora) Provinsi Kalsel mulai pengecekan lahan warga di Kecamatan Sungaipinang Kabupaten Banjar. Tujuannya untuk memenuhi permintaan warga di Kecamatan Sungaipinang untuk mendapatkan sertifikat tanah.

Ada 11 desa di Kecamatan Sungaipinang yang akan dicek oleh Tim Tora Provinsi Kalsel. Total luasan tanah yang akan disertifikat yakni 7.872.3 hektare.

Desa-desa itu adalah, Rantaunangka, Pakutik, Sungaipinang, Sumberbaru, Rantaubakula, Sumberharapan, Kahelaan, Kupangrejo, Belimbingbaru, Hakimmakmur, Belimbinglama. Total jumlah pemohon 5.091 orang.

Baca: Ini Harta Kekayaan Jokowi-Prabowo Saat Capres di Pilpres 2019, Punya Saham di 26 Perusahaan Lho

Baca: Sempat Diintervensi Amerika, Indonesia Akhirnya Berhasil Dapatkan 11 Pesawat Sukhoi dari Rusia

Warga Rantaunangka, HM Yusuf Utama mengatakan, program ini sangat ditunggu-tunggu untuk membantu warga memiliki sertifikat tanahnya. Apa yang menjadi harapannya, bisa terealisasi.

Camat Sungaipinang Anto Setyawan mengatakan, sudah lama warganya mengusulkan incluv di lahan mereka. Sebagian besar warganya belum memiliki sertifikat tanah sebagai bukti kepemilikan.

“Sekarang warga gembira,” imbuhnya.

Baca: Inpektorat Temukan Penyelewengan Dana Desa, Warga Juhu HST Tuntut Kades Dinonaktifkan

Kepala Dinas Pertanahan Banjar, Mursal mengatakan, sertifikasi TORA melalui dua kegiatan, untuk lahan perumahan melalui PTSL sedangkan untuk lahan garapan melalui kegiatan Redistribusi Tanah Land Reform.

Pada 2018 ini Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Banjar bersama Dinas Pertanahan Kabupaten Banjar mengalokasokan sertifikasi tanah di 8 kecamatan, 24 desa atau kelurahan.

Baca: Koper Jemaah Haji Indonesia Dibongkar di Bandara Jeddah karena Bawa Barang Ini

Juga ada usaha kecil mikro sebanyak 200 bidang yang bekerjsama dengan dinas koperasi dan UKM Kabupaten Banjar, tersebar di beberapa kecamatan. Sertifikasi tanah khusus pertanian ada seribu bidang di tiga kecamatan dan tiga desa.

Alokasi itu merupakan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Tanah Lengkap (PTSL) Kantor Pertanahan Kabupaten Banjar tahun anggaran 2018. Adapun kecamatan yang lokasinya masuk PTSL di antaranya, Astambul, Martapura, Martapura Timur, Gambut, Sungaitabuk, Aluhaluh.

Halaman
12
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help