Pileg 2019

KPU Sebut Bacaleg DPRD Kalteng Mantan Koruptor Tak Ada Mendaftar di Pileg Mendatang

Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia yang melarang mantan narapidana kasus korupsi menjadi anggota

KPU Sebut Bacaleg DPRD Kalteng Mantan Koruptor Tak Ada Mendaftar di Pileg Mendatang
faturahman
Komisioner KPU Kalteng, Sastriadi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia yang melarang mantan narapidana kasus korupsi menjadi anggota legislatif sangat berdampak pada Pileg tahun depan.

Informasi terhimpun, sebelum ada aturan KPU RI tersebut, memang ada beberapa orang mantan napi kasus korupsi yang ingin ikut mencaleg.

Ternyata setelah KPU RI menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota, Bacaleg DPRD Kalteng, tidak ada yang berani mencalon.

Baca: Blak-Blakan Ketum PPP Soal Sosok Cawapres Jokowi Menghadapi Pilpres 2019

Baca: Begini Perlakuan Ariel NOAH pada Cut Tari Kata Hotman Paris Hutapea Soal Video Mesum 8 Tahun Lalu

Komisioner KPU Kalteng, Sastriadi, saat dikonfirmasi, Rabu (8/8/2018) menegaskan hingga saat ini, dari data yang mereka kumpulkan tidak ada satupun mantan terpidana Korupsi maupun Tindakan Asusila yang ikut mendaftar.

"Kami sudah melihat dan meneliti, sampai sejauh ini, untuk bacaleg DPRD Kalteng yang memasukkan berkas kepada kami tidak ada mantan napi kasus korupsi maupun asusila," ujarnya.

Menurut dia, hingga saat ini, pihaknya masih melakukan rekap terhadap semua data bakal calon anggota legislatif yang mendaftar tersebut, memang ada beberapa yang tidak lolos, karena tidak melengkapi berkas, tetapi bukan mantan koruptor.

www. banjarmasinpost.co.id/faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved