Gempa Lombok

Relawan Kalteng Turut Bantu Korban Gempa Bumi Lombok, Begini Kisahnya Saat di Lokasi

Tim Relawan Kalteng, Selasa (7/8/2018) tiba di Lombok dan langsung menuju lokasi yang terkena dampak bencana

Relawan Kalteng Turut Bantu Korban Gempa Bumi Lombok, Begini Kisahnya Saat di Lokasi
Istimewa
Relawan Kalteng saat menyaksikan langsung dampak gempa bumi di Lombok. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, LOMBOK UTARA- Gempa yang terjadi di Lombok, dan merenggut banyak korban jiwa dan harta benda mendapat perhatian relawan dari Kalimantan Tengah yamg ikut serta dalam memberikan bantuan.

Tim Relawan Kalteng, Selasa (7/8/2018) tiba di Lombok dan langsung menuju lokasi yang terkena dampak bencana, mereka menyerahkan bantuan tenda, selimut, bahan makanan, dan lainnya.

"Kami langsung menyaksikan sendiri beberapa rumah warga, rumah ibadah, fasilitas umum yang roboh dan dampak lainnya bagi warga yang terkena bencana gempa," ujar Heru Hidayat, Ketua PKS Kalteng, Rabu (8/8/2018) pagi.

Baca: Di Hadapan Ribuan Umat, Ustadz Abdul Somad Ucap Penolakannya Jadi Cawapres Prabowo

Dia menceritakan, ketika singgah diantara warga yang terkena dampak, dia melihat anak kecil berbaring di pangkuan ibunya, info ibunya jika malam tiba badannya panas dan kesakitan kakinya, ternyata anak kecil tersebut mengalami luka dan memar di kaki sebelah kirinya akibat tertindih dinding yang roboh saat terjadi gempa.

Gempa yang terjadi di Lombok dengan kekuatan 7 SR pada minggu (5/8) pukul 18.46 WIB. Lokasi gempa berada di titik 8.37 LS dan 116.48 BT.

Baca: LIVE STREAMING ICC 2018 : Chelsea vs Lyon Live TVRI & Live iNews TV Mulai Pukul 02.00 WIB

Gempa menguncang beberapa Kabupaten termasuk Kabupaten Lombok Utara (KLU), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Menurut Heru Hidayat (dari PKS Kalteng).

"Tim saat ini berada di lokasi menyampaikan bahwa kondisi di beberapa daerah yang berada di Lombok Utara sebagian rumah hancur akibat gempa, dan sebagian masyarakat trauma akan terjadinya gempa susulan terutama anak-anak," ujarnya.

Mantan Anggota DPRD Kalteng ini, mengatakan, akibat robohnya rumah warga sebagian ada yang meninggal dunia, kemudian luka-luka sehingga perlu penanganan dari tim medis. Meski demikian posko induk telah ada di sekitar kantor Bupati Lombok Utara.

Sejak terjadinya gempa susulan yang semakin besar sehingga warga mengalami kesulitan mendapatkan air bersih." Bahkan aliran listrik sudah beberapa hari ini belum berfungsi karena mati semua jalur yang berakibat gelap di malam hari,"ujarnya dari Lombok.

Sementara ketersediaan bahan bakar dan sulitnya mencari bahan makanan karena banyak toko atau penjual yang belum melakukan aktifitasnya.

Menurut Heru, yang diperlukan saat ini adalah air bersih, genset untuk listrik, bahan bakar minyak, tenda, selimut, dan bahan makanan selama di pengungsian maupun di sekitar halaman rumah masing-masing.

"Saat ini kami menginap di salah satu posko yang ada di Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara, di tengah aliran listrik yang mati total, kesulitan air bersih, dan terlihat trauma pada anak-anak," ujarnya.

Dia menjelaskan, korban gempa sangat memerkukan bantuan semua pihak."Mari bantu saudara kita, seberapapun yang kita miliki atau bahkan dengan doa bagi saudara kita yang terkena bencana," ujarnya lagi.

www.banjarmasinpost.co.id/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help