Haji 2018

Seluruh Jemaah Haji Indonesia Gelombang I Bertolak dari Madinah Ke Makkah

Sebanyak 6.084 jemaah haji dari 15 kloter terakhir asal Indonesia yang berada di Madinah berangkat ke Mekkah.

Seluruh Jemaah Haji Indonesia Gelombang I Bertolak dari Madinah Ke Makkah
kemenag.go.id
Rombongan jemaah haji Indonesia terakhir di Madinah menuju ke Makkah dilepas oleh Dirjen 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MADINAH —Seluruh jemaah haji Indonesia gelombang I yang berada di Madinah telah diberangkatkan ke Kota Makkah. Terakhir yang berangkat ke Makkah adalah sebanyak 6.084 jemaah haji dari 15 kloter terakhir, Selasa (7/8/2018).

Pelepasan jemaah haji dihadiri oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU)  Kemenag, Nizar Ali. Ia berharap jemaah terakhir yang berangkat ke Mekkah mendapatkan kelancaran dalam beribadah.

"Mudah-mudahan mendapat kemudahan, kelancaran, dan dapat menjalankan umrah wajib dengan sempurna dan saat puncak haji dapat melaksanakan sempurna, semoga  jadi haji mabrur," ucap Nizar di Hotel Rehab Al Masi, Madinah, Selasa, (07/08).

Dalam pelepasan kloter terakhir 09 Palembang yang berjumlah 443, Nizar berpesan kepada seluruh jemaah yang berangkat ke Makkah agar menjaga kesehatan. Sehingga stamina jemaah tetap terjaga baik.

Baca: Cuaca Panas di Makkah, Jemaah Haji Diminta Pakai Alat Pelindung Diri untuk Hindari Heatstroke

Baca: Jemaah Haji Asal Banjar Lakukan Ritual Wajib Ini Pada Malam Hari

Selain itu, jemaah juga diminta tak menghabiskan tenaga untuk menjalankan umrah sunnah. "Itu bisa dilakukan setelah puncak haji," lanjutnya.

Nizar juga menyarankan agar antarjemaah haji dapat tolong-menolong. Dia berharap kasus jemaah yang terpisah dari rombongan tak dapat terjadi dengan saling menjaga.

"Dan jangan segan-segan meminta pertolongan kepada petugas. Ada, petugas yang akan membantu di setiap sektor dan hotel jangan ragu kalau butuh petolongan kami siap," ujarnya. (kemenag.go.id/MCH)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved