Berita Banjarbaru

Kalsel Tambah 11 Pulau Baru untuk Kejar Target 17.845 Pulau di Seluruh Indonesia

Peresmian 11 pulau baru itu merupakan hasil verifikasi dari tiga kementerian bersama Pemprov Kalsel dan Pemda dari tiga daerah di Kalsel.

Kalsel Tambah 11 Pulau Baru untuk Kejar Target 17.845 Pulau di Seluruh Indonesia
M Hafiz
Kawasan Pulau Sembilan Kotabaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Setelah sempat diusulkan 16 pulau tanpa nama di Kalsel akhirnya Kemendagri bersama KKP dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Direktur Toponimi dan Batas Daerah mengsahkan hanya ada 11 pulau baru di Kalsel.

Peresmian 11 pulau baru itu merupakan hasil verifikasi dari tiga kementerian bersama Pemprov Kalsel dan Pemda dari tiga daerah di Kalsel.

Sebelumnya sejak 2013 lalu Kalsel tercatat memiliki 172 pulau baru dengan penambahan 12 pulau baru terdiri dari dua di Kabupaten Tanahbumbu dan 10 pulau baru di Kabupaten Kotabaru. Semua pulau tersebut sudah memiliki nama dan sudah masuk dalam data jumlah pulau di Indonesia yaitu sebanyak 16.056 berdasarkan data 7 Agustus 2017.

Baca: Live Streaming Indosiar Timnas U-16 Indonesia vs Malaysia Semifinal AFF U-16 2018 Jam 19.00 WIB

Namun berdasarkan hasil tim survey verifikasi pulau-pulau kecil Kalsel ditemukan jumlah pulau di Kalsel bertambah sebanyak 16 buah pulau baru yang ada di Kotabaru. Bahkan, 16 pulau tersebut belum memiliki nama dan terletak di daerah Kotabaru Selatan.

Setelah diusulkan ke Kemendagri untuk diverifikasi akhirnya 23 Juli lalu pulau-pulau kecil tanpa nama di Kalsel diverifikasi. Namun 16 pulau baru yang ditemukan bertambah menjadi 22 pulau.

Baca: BREAKINGNEWS - Kyai Maruf Amin Jadi Cawapres Jokowi pada Pilpres 2019, Lalu Mahfud MD?

22 pulau tanpa nama resmi tersebut yaitu 19 pulai di Kotabaru, 2 pulai di Batola dan 1 pulau di Banjarmasin. Dari 22 pulau yang diusulkan satu pulau merupakan usulan dari Pemkab Batola.

"Kemarin kita sudah diundang ke Jakarta untuk verifikasi pulau-pulau kecil tanpa nama dan dinyatakan yang masuk kategori pulau hanya 11 buah," jelas Plh Karo Pemerintahan, Heru S, Kamis (09/08/2018).

Baca: Hasil Timnas U-16 Indonesia vs Malaysia di Semifinal Piala AFF U-16 2018 - Skor 0-0 di Babak Pertama

Dengan bertambahnya 11 pulau baru di Kalsel artinya jelas Heru Kalsel kini memiliki 183 pulau. Namun angka 183 tersebut jelas Heru bukan angka mutlak, pasalnya pencarian pulau-pulau di Indonesia termasuk Kalsel masih terus dilakukan hingga tercapai angka 17.845 pulau di seluruh Indonesia.

"Perkiraan jumlah pulau di Indonesia ada segitu, dan semua daerah di Indonesia terus diminta untuk mengidentifikasi pulau-pulau kecil yang belum terdata sebagai pulau," terangnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Saat ini Indonesia tercatat memiliki 16.056 pulau pada berdasarkan data 7 Agustus 2017. Namun dengan dimasukkannya 11 pulau baru di Kalsel maka terjadi penambahan pulau dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Namun walau sudah ditemukan 11 pulau. Dua pulau batu sebut Heru belum diberi nama. Pemberian nama akan dilakukan dalam proses selanjutnya dengan mempertimbangkan aspek sejarah dan penamaan di masyarakat.

Kebanyakan pulau yang ditemukan tambahnya memang dipastikan takkan mengandung sumber daya alam karena kebanyakan hanya berupa batu-batu yang tidak tenggelam pada saat air pasang dan terdapat ekosistem di dalamnya. Namun dengan disahkannya pulau-pulau di Kalsel maka batas wilayah Kalsel bisa dipetakan dengan baik sehingga tak terjadi kecolongan seperti pada kasus Pulau Lari-larian.

"Sama saja sebenarnya pulau yang baru ditemukan ini dengan Pulau Lari-larian, tapi lantaran terlambat memasukkan sebagai pulau Kalsel jadi ada kendala dan kita tidak ingin mengulang itu," jelasnya.

Selain itu peresmian pulau-pulau baru di Kalsel bisa menjadi salah satu langkah agar tak terjadi penjualan pulau, dan pembelahan pulau untuk pelabuhan khusus di Kalsel.

(Banjarmasinpost.co.id/milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help