Berita Hulu Sungai Tengah

Resmi, Pemkab HST Kontrak 438 Guru, Atasi Kekurangan Guru SD di Lokasi Ini

Penyerahan SUrat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai guru berstatus pegawai kontrak daerah tersebut telah diserahkan 6 Agustus 2018

Resmi, Pemkab HST Kontrak 438 Guru, Atasi Kekurangan Guru SD di Lokasi Ini
istimewa
Para guru dengan status pegawai kontrak daerah yang lulus seleksi penerimaan guru kontrak, saat upacara penyerahan SK Bupati HST tentang pengangkatan guru kontrak 6 AGustus 2018 lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Menutupi kekurangan guru, khususnya guru SD, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah telah melakukan seleksi penerimaan guru kontrak sejak Januari 2018 lalu. Hasilnya, diumumkan Juni lalu, dan sebanyak 438 pun dinyatakan lulus sebagai pegawai kontrak.

Penyerahan SUrat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai guru berstatus pegawai kontrak daerah tersebut telah diserahkan 6 Agustus 2018 lalu oleh Plt Bupati HST HA Chairansyah di halaman Kantor Bupati HST.

Kepala Dinas Pendidikan HST H Riduan, Kamis (9/8/2018) menjelaskan, sebenarnya ada 1000-an orang guru honor di kabupaten HST.

Baca: Link Live Streaming Indosiar Indonesia vs Malaysia, Ditunggu Thailand di Final Piala AFF U-16 2018

Guru honor tersebut tersebar di TK, SD,dan SMP. Namun, kebutuhan mendesak saat ini adalah guru SD, karena banyaknya guru tersebut yang memasuki usia pension. Sedangkan penerimaan guru CPNS tidak ada sejak beberapa tahun.

“Jadi dasar dilaksanakannya pengangkatan tenaga kontrak pendidik ini dalam rangka untuk mengatasi kekurangan guru, karena tiap tahunnya banyak guru yang pensiun. Terutama guru kelas, guru agama, guru olahraga dan operator sekolah,” kata Riduan.

Baca: BREAKINGNEWS - Kyai Maruf Amin Jadi Cawapres Jokowi pada Pilpres 2019, Lalu Mahfud MD?

Tenaga kontrak kependidikan dan operator sekolah dilakukan dalam rangka melaksanakan adminsitrasi dan pelayanan teknis di satuan kependidikan.

Kkhususnya di Sekolah Dasar Negeri (SDN), untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan dalam rangka pelaksanaan program sistem informasi pendidikan nasional berbasis teknologi Informasi dan komunikasi.

Baca: Usia Kyai Ma’ruf Amin 75 Tahun, Ini Profil Lengkap Kyai Ma’ruf Amin Cawapres Jokowi di Pilpres 2019

Adapun rincian tenaga kontrak yang baru saja diangkat Bupati HST berdasarkan kebutuhan tersebut, jelas Riudan meliputi, 197 guru kelas, 103 guru agama delapan orang guru olah raga, serta 130 orang operator sekolah.

Penempatan guru kontrak tersebut tersebar di seluruh sekolah SDN di HST.

Diakui, Pemkab HST belum bisa mengakomodasi seluruh tenaga guru honor yang masih belum lulus seleksi, karena terbatasnya anggaran dana daerah yang saat ini masih mengalami defisit.

Sementara, Plt Bupati HST HA Chairansyah berharap, tenaga kontrak yang berhasil lulus seleksi dan telah mendapat SK agar tetap bekerja dengan sungguh-sungguh, professional dan bertanggungjawab.

“Sebab di luar peserta yang lulus masih banyak yang ingin mendapatkan kesempatan ini,” katanya. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help