Berita Kabupaten Banjar

Anggota Kodim 1006/Martapura Ikut Penyuluhan Terpadu Hukum, Dandim Tegaskan Netralitas dalam Pemilu

Untuk menjamin peraturan dan ketentuan yang berlaku di lingkungan TNI-AD berjalan dengan baik dan harus dilaksanakan oleh seluruh

Anggota Kodim 1006/Martapura Ikut Penyuluhan Terpadu Hukum, Dandim Tegaskan Netralitas dalam Pemilu
banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili
Tim pemberi materi langsung dipimpin oleh Letkol Caj M Solehudin Seregar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN — Netralitas TNI merupakan harga mati dalam Pemilu, Pilkada maupun Pileg.

Untuk menjamin peraturan dan ketentuan yang berlaku di lingkungan TNI-AD berjalan dengan baik dan harus dilaksanakan oleh seluruh anggota TNI, PNS dan Persit serta balak aju Kodim 1006/ Martapura, anggota Kodim 1006/ Martapura beserta jajaran menerima penyuluhan terpadu hukum, kesehatan.

Penyuluhan digelar di aula Kodim Martapura, Jumat (10/8).

Tim pemberi materi langsung dipimpin oleh Letkol Caj M Solehudin Seregar, didampingi anggota Lettu Chk Mu'alim dan Mayor Ckm dr Budi Indra Kesdam VI/ Mulawarman.

Baca: Di Ulang Tahun ke 40 AHY Minta Maaf Kepada Kader Demokrat, Ani Yudhoyono Tuliskan Sabar dan Tegar

Letkol Caj M Solehudin Seregar mengatakan, penyuluhan hukum dan netralitas TNI sangat penting agar seluruh anggota Kodim mendengarkan dengan seksama dan mereka bebas menanyakan hal-hal yang perlu dan yang tidak dimengerti.

Penyuluhan hukum dan netralitas TNI dilaksanakan agar di satuan Kodim Martapura tidak terjadi pelanggaran hukum.

Baca: Sandiaga Pilih Jalan Kaki ke KPU RI, Prabowo Terlihat Berkeringat Turun dari Mobil

Kegiatan sosialisasi pembinaan netralitas TNI dalam Pemilu, Pilkada, Pileg untuk mewujudkan profesionalime TNI dengan bersikap netral dalam setiap penyelenggaraan Pemilu, Pilkada, Pileg.

“Tentunya senantiasa mendukung kesuksesan penyelenggaraan Pemilu, Pilkada, Pileg yang luber dan jurdil di seluruh wilayah NKRI. Mari sama-sama menjaga citra TNI,” pintanya dihadapan peserta.

Baca: Posisinya Direbut Sandiaga Uno, AHY Persiapkan Diri untuk Pilpres 2024

Komandan Kodim 1006/ Martapura, Letkol Inf Muchammad Ghoffar Ngismangil juga menyatakan netralitas TNI harus benar-benar dipahami, dihayati dan diimplementasikan dalam kehidupan prajurit Kodim 1006 / Mtp.

Menurutnya, Pemilu, Pilkada dan Pileg mempunyai nilai strategis bagi perjalanan bangsa Indonesia ke depan. Oleh sebab itu, dalam menjaga sikap netralitas, peserta penyuluhan harus benar-benar memahami apa yang disampaikan oleh narasumber.

“Jangan sampai salah dalam pengertiannya, apalagi Babinsa turun langsung ke wilayah tentunya membangunan profesionalisme TNI penting,” tegasnya.

Dandim juga menegaskan sudah ada ketentuan Pasal 2 UU No 34 tahun 2004 tentang TNI yang menegaskan, tentara profesional ialah tentara yang tidak berpolitik praktis.

“Tidak berpolitik praktis dimaknai dengan konsistensi netralitas TNI yang merupakan bagian dari komitmen TNI dalam rangka ikut serta menyukseskan Pemilu, Pilkada, Plieg, dimana TNI lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara dengan mengedepankan sikap netralitas TNI,” ujarnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help