Pilpres 2019

Gandeng KH Ma'ruf Amin, ini Target Presiden Jokowi pada Pilpres 2019

Bertempat di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta, Kamis (9/8), Jokowi menyampaikan cawapresnya.

Gandeng KH Ma'ruf Amin, ini Target Presiden Jokowi pada Pilpres 2019
BPost Cetak
bpost

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Bertempat di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta, Kamis (9/8), Jokowi menyampaikan cawapresnya.

Jokowi mengaku melakukan perenungan mendalam sebelum dirinya memutuskan memilih Ma'ruf Amin sebagai pendampingnya dalam Pilpres 2019.

Namun, Jokowi tidak menyebut berapa lama dirinya melakukan perenungan hingga akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Ma'ruf Amin.

Baca: Sempat Dikabarkan Jadi Cawapres Jokowi, yang Terjadi Diluar Dugaan, Begini Reaksi Mahfud MD

"Setelah melalui perenungan mendalam dan dengan mempertimbangkan masukan dan saran dari berbagai elemen masyarakat, maka saya memutuskan dan telah mendapat persetujuan dari partai-partai koalisi yang akan mendampingi saya sebagai Cawapres 2019-2024 adalah Profesor Doktor KH Ma'ruf Amin," ucapnya.

Jokowi mengatakan alasan dirinya memilih Ma'ruf karena bisa saling melengkapi untuk pertarungan Pilpres 2019.

Jokowi memaparkan pertimbangannya memilih sosok Ma'ruf sebagai cawapresnya, di antaranya karena cukup banyak pengalaman.

Baca: Sandiaga Uno 7 Kali Lebih Kaya Dari Prabowo, Ini Total Kekayaan Cawapres Prabowo

Mulai dari pengalaman sebagai tokoh agama maupun politik.

"Tokoh agama yang bijaksana. Beliau pernah duduk di DPRD, DPR, MPR RI," lanjut Jokowi.

Selain itu, Ma'ruf Amin juga merupakan sosok pemimpin berpengalaman yang saat ini juga menjabat sebagai Ra'is 'Aam PBNU dan juga Ketua MUI.

Baca: Mbah Mijan Tulis 2 Nama Ini Untuk Capres Cawapres Pilpres 2019, Jangan Kaget

Dan dalam hal politik dan kebhinekaan, lanjut Jokowi, Ma'ruf Amin saat ini juga menjabat sebagai Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Dengan modal pengalaman dirinya sebagai presiden dan pengalaman dari seorang Ma'ruf Amin, Jokowi selaku capres petahana menargetkan kemenangan dari Sabang sampai Merauke dalam Pilpres 2019 nanti.
"Targetnya seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan dari pulau Miangas sampai Rote," kata Jokowi.

Rencananya, pendaftaran capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin oleh parpol koalisinya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, pada Jumat (10/8) besok.

Turut hadir dalam pertemuan dan pengumuman cawapres itu adalah Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Selain itu, Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono.
Sedangkan sembilan sekjen yang hadir, yakni Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Sekjen Partai Golkar Lodewijk Paulus, Sekjen Partai Nasdem Johnny G Platte, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding.
Selain itu, Sekjen Partai Hanura Herry Lontung, Sekjen PPP Asrul Sani, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq dan Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help