Kampusiana

Mahasiswa Poliban Temukan Alat Keamanan Rumah, Bisa Cegah Pencurian dan Kebakaran

alat-alat baru tersebut merupakan hasil tugas akhir dari para mahasiswa. Ada sekitar enam alat baru yang menurutnya unik.

Mahasiswa Poliban Temukan Alat Keamanan Rumah, Bisa Cegah Pencurian dan Kebakaran
Airul Syahrif
Akbar Fadhilah beserta kelompoknya. Akbar membuat Sistem Keamanan Rumah Berbasis Nodemcu. Alat ini untuk mencegah terjadinya pencurian, maupun kebakaran dalam rumah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Memasuki era revolusi industri 4.0, semua kegiatan industri akan lebih banyak dilakukan menggunakan internet.

Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Tekhnik Informatika, Poliban, Subandi, ST, MKom, mengatakan bahwa alat-alat baru tersebut merupakan hasil tugas akhir dari para mahasiswa. Ada sekitar enam alat baru yang menurutnya unik.

"Di dalam tugas akhir ini biasanya memvisualisasikan dari realitas kehidupan. Hal ini juga untuk menyiasati kemajuan teknologi, yang sudah memasuki revolusi industri 4.0. Semuanya akan digerakkan melalui internet. Misal itu ada alat yang dapat mengendalikan sepeda motor dari jarak jauh. Selain itu juga ada alat jemuran otomatis, alat kemanan rumah, alat pendeteksi air, dan masih banyak lagi hasil tugas akhir para mahasiswa," tuturnya pada banjarmasinpost.co.id, Kamis (9/8/2018) sore.

Baca: Daftar ke KPU, Jokowi-Maruf Amin Pagi Ini dan Siangnya Prabowo-Sandiaga

Untuk berdapatasi dengan hal ini, para mahasiswa Prodi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banjarmasin ini membuat alat-alat kemanan berbasis android dan web.

Seperti halnya Akbar Fadhilah beserta kelompoknya. Akbar membuat Sistem Keamanan Rumah Berbasis Nodemcu. Alat ini untuk mencegah terjadinya pencurian, maupun kebakaran dalam rumah.

Baca: LIVE STREAMING Pendaftaran Capres-Cawapres Pilpres 2019, Live Kompas TV & TV One

Pengguna alat ini dapat mengetahui keadaan rumah melalui telegram dan web. Dirinya mempraktekkan dalam sebuah miniatur rumah kecil. Saat rumah diberi simulasi api dari korek api, maka langsung ada notifikasi bahaya di telegram dan webssite yang telah terkoneksi. Selain itu, notifikasi juga akan tersambung ke pihak kepolisian dan emergency.

Baca: Wasekjen Demokrat Sebut Prabowo Pengkhianat, Sinyal Merapat ke Kubu Jokowi?

Hal unik lainnya juga ditemukan oleh Faidurrahman, Heru Dwi Sugiyono, dan Ibnu Sholeh. Mereka membuat alat Jemuran Pakaian Pintar Berbasis Internet Of Things.

Heru mengatakan bahwa alat ini diciptakan dari hasil pengalamannya sendiri. Dirinya merasa alat ini sangat membantu ketika menjemur pakaian dan tidak ada orang di rumah. Sehingga alat tersebut nantinya dapat otomatis mendeteksi jika terjadi hujan. Dirinya bersama kelompoknya mengaplikasikannya ke dalam sebuah miniatur rumah.

"Sebenarnya ini bisa aja diaplikasikan ke sebuah rumah. Tapi harus mempunyai tempat atau ruang jemuran khusus. Dan nantinya semoga alat jemuran otomatis ini dapat berkembang lagi," tuturnya.

Alat ini akan mendeteksi, jika ada cahaya terang maka jemuran akan keluar. Namun jika cahaya gelap atau hujan, maka jemuran akan otomatis keluar.

(Banjarmasinpost.co.id/airul syahrif)

Penulis: Airul Syahrif
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved