Haji 2018

Dahulukan Umrah Kemudian Berhaji, Jamaah Embarkasi Banjarmasin Bayar Dam Satu Ekor Kambing

Ada sisa kloter yang ternyata masih belum diberangkatkan dari Kalsel dan Kalteng.

Dahulukan Umrah Kemudian Berhaji, Jamaah Embarkasi Banjarmasin Bayar Dam Satu Ekor Kambing
nia kurniawan
Jemaah haji Embarkasi Banjarmasin keloter 1-17 diberangkatkan ke Madinah dan Mekkah dengan pesawat ini. Tapi kloter 18 diberangkatkan ke Balikpapan dulu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Ada sisa kloter yang ternyata masih belum diberangkatkan dari Kalsel dan Kalteng.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel H. Noor Fahmi, Jumat
(10/8) merincikan masih ada 1 kloter asal Kalteng yaitu kloter BDJ 14, 3 kloter utuh asal Kalsel yaitu kloter BDJ 15, 16 dan 17 serta 1 kloter gabungan yaitu kloter BDJ 18.

“Setelah 3.831 JCH kuota Kalsel dibagi ke dalam 12 kloter utuh, ternyata ada 17 orang JCH yang tersisa dan mereka tergabung dalam keloter BDJ 18," terangnya.

Baca: Penasaran Pacar Nissa Sabyan? Ini Jawabannya Ketika Ditanya Perihal Pacar

Fahmi menambahkan, teknis pemberangkatan 17 JCH tersebut nantinya akan bergabung dengan kloter BPN 13 Balikpapan dan Sulawesi Utara.

“Mereka akan kita antar ke Embarkasi Balikpapan untuk selanjutnya bergabung dengan JCH asal Balikpapan dan Sulut. Mengenai teknis lanjutan akan kami koordinasikan di lapangan," ucap Fahmi.

Sementara itu kabar dari tanah suci, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kloter BDJ-05 Embarkasi Banjarmasin, H. Padhli menuturkan sebagian besar jamaah sudah melakukan pembayaran Dam usai melakukan umrah wajib.

Baca: Guru SMP Ini Hiteris, Ternyata Gadis 18 Tahun yang Ditabrak Hingga Tewas Murid Kasangannya

Menurut H. Padhli, pembayaran Dam dilakukan karena jamaah keloter BDJ-05 melakukan Haji Tamattu’ yaitu mendahulukan umrah kemudian berhaji.

“Karena itu, setelah menyelesaikan umrah wajibnya para jamaah mulai membayar Dam Nusuq berupa minimal satu ekor kambing,” jelasnya.

Jamaah kloter BDJ-05 secara berombongan langsung ke Pasar Kakiyah memilih kambing untuk membayar Dam sekaligus menyaksikan proses penyembelihan.

Baca: Desain Interior Ruang Merokok di Bandara Jawa Barat Viral di Medsos, Perokok Segera Matikan Rokoknya

Di pasar seluas lebih dari satu hektare tersebut, ribuan kambing dipajang di kios-kios pedagang dan usai transaksi selesai, kambing langsung dibawa ke gedung seluas lebih dari 500 meter untuk disembelih, dikuliti, lalu dipotong-potong dagingnya.

Dijelaskan Padhli, proses penyembelihan disaksikan langsung oleh jamaah haji.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help