Pileg 2019

Hanya Lima Parpol Penuhi Kuota Kursi DPRD Tanahlaut, 17 Bakal Caleg Gugur

Lima partai politik (Parpol) yang mendaftarkan calon legislatifnya dinyatakan memenuhi kuota calon jumlah kursi di DPRD Kabupaten Tanahlaut.

Hanya Lima Parpol Penuhi Kuota Kursi DPRD Tanahlaut, 17 Bakal Caleg Gugur
istimewa
Suasana rapat penyampaian susunan daftar calon legislatif sementara di Aula KPU Kabupaten Tanahlaut, Jumat (10/8/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Lima partai politik (Parpol) yang mendaftarkan calon legislatifnya dinyatakan memenuhi kuota calon jumlah kursi di DPRD Kabupaten Tanahlaut.

Lima parpol itu adalah, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat.

Hanya dua parpol yang gagal penuhi kuota kursi DPRD Tanahlaut dari 35 calon legislatif yang didaftarkan, yaitu PDIP Tanahlaut dan PKB Tanahlaut di DPRD Kabupaten Tanahlaut.

Baca: Guntur Romli Sebut Mahar 500 Miliar Nodai Politik Bersih

Ahmad Suntung Yani, Sekretaris PDIP Kabupaten Tanahlaut menjelaskan tim verifikasi KPU Kabupaten Tanahlaut yang mengugurkan satu calon legislatif dari PDIP Kabupaten Tanahlaut.

"Itu disebabkan data pendukung berkas pencalonan legislatif tidak lengkap. Ada miskomunikasi penghubung partai kami dengan pihak KPU Tanahlaut sehingga satu calon legislatif dari DPC PDIP Kabupaten Tanahlaut tidak lolos.

Kelengkapan berkas keterangan sehat dan keterangan tidak pernah dipidana tidak terlampirkan," kata Ahmad Suntung Yani kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (11/8/2018).

Baca: Ruben Onsu Akan Menindak Tegas Pegawainya Usai Terlibat Pertikaian dengan Ojek Online

Ketua KPU Kabupaten Tanahlaut, Arif Mukhyar menjelaskan sebanyak 17 bakal calon dinyatakan gugur atau tidak memenuhi persyaratan. Itu hasil verifikasi berkas dolumen dari 375 bakal calon legislatif yang didaftarkan pada aplikasi sistem pencalonan legislatif.

"Sudah kami sampaikan hasil verifikasi berkas dokumen pencalonan legislatif mereka kepada pengurus partai politik, mereka setuju dan membubuhkan tanda tangan dalam formulir susunan daftar calon sementara (DCS)," katanya.

Arif Mukhyar menjelaskan susunan daftar calon legislatif sementara akan diumumkan melalui media massa lokal Kalsel pada 12 Agustus ini, untuk mendapatkan tanggapan dari publik.

Baca: Jokowi Disebut Kena Jebakan Batman soal Cawapres, Wasekjen PAN : Indonesia Perlu Ekonom Bukan Ulama

"Jika dari susunan daftar calon legislatif sementara itu ada yang tersandung masalah hukum silakan mengadu ke KPU Kabupaten Tanahlaut," katanya.

Seperti diwartakan sebelumnya, 16 parpol yang ada di Kabupaten Tanahlaut semuanya mendaftarkan calon legislatifnya, kecuali Partai Solidaritas Indonesia Tanahlaut.

Tujuh parpol menyampaikan calon legislatifnya 100 persen atau sesuai jumlah kursi di DPRD Kabupaten Tanahlaut sebanyak 35 kursi. Selebihnya parpol tidak memenuhi kuota kursi di DPRD Kabupaten Tanahlaut.

(Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help