Berita Internasional

Kisah Masha, Beruang yang Akhirnya Bebas Selama 2 Dekade Ikut Pertunjukan Sirkus

Setelah selama dua dekade berada di dalam kandang dan harus menghibur penonton sirkus, Masha kini ditempatkan di sebuah kandang luas.

Kisah Masha, Beruang yang Akhirnya Bebas Selama 2 Dekade Ikut Pertunjukan Sirkus
(METRO.co.uk / MAGNUS NEWS AGENCY)
Masha si beruang sirkus yang akhirnya bebas di dalam penangkaran di Ukraina. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Seekor beruang selama 20 tahun dipaksa bekerja untuk tampil dalam pertunjukan sirkus, akhirnya dapat hidup lebih bebas.

Sasha, pemilik seekor beruang yang diberi nama Masha, menyerahkan beruang peliharaannya itu kepada sebuah organisasi penyelamat hewan yang berada di Ukraina.

Setelah selama dua dekade berada di dalam kandang dan harus menghibur penonton sirkus, Masha kini ditempatkan di sebuah kandang seluas 350 meter persegi.

Sasha pun menyaksikan secara langsung saat beruang berbulu cokelat itu dipindahkan ke rumah barunya.

"Saya merasa sedih untuk berpisah dengannya karena dia telah bersama saya sepanjang hidup saya dan berada di sana setiap hari," kata Sasha dilansir Metro.co.uk.

"Tapi saya juga merasa sangat senang karena bisa melihat bahwa mereka peduli. Mereka juga telah membangun sebuah kandang yang sangat bagus. Saya tidak mengira menjadi sebesar dan sebaik itu," tambahnya.

Masha kini akan dirawat oleh organisasi penyelamat hewan Lawrence Anthony Earth Organization (LAEO) dan Penyelamat Beruang dan Kebun Binatang SOS. Lionel De Lange, pemilik LAEO, mengatakan tidak ada tanda-tanda jika Sasha telah memperlakukan Masha dengan buruk.

"Tapi Masha akan selalu mengangkat cakar dan tangannya saat melihat tongkat yang saya bawa untuk mengarahkannya," kata Lionel.

Dikatakan Lionel, Sasha mendapatkan Masha sejak beruang tersebut berusia tiga bulan dan sejak saat itu dia selalu tinggal di dalam kandang di belakang sebuah mobil van.

"Mereka sudah bersama-sama selama bertahun-tahun. Saya terkejut saat dia datang dan mengatakan ingin agar beruangnya berada di tempat yang lebih baik. Saat pertama mereka datang, saya memintanya mengeluarkan beruang itu dari belakang vannya dan dia menunjukkan sejumlah trik yang bisa dilakukannya. Tapi kami tidak terkesan dengannya," ujar Lionel.

"Sangat berarti melihat beruang itu tidak lagi harus melakukan pertunjukkan itu, tidak perlu lagi meringkuk di balik kandang besi," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "20 Tahun Dipaksa "Bekerja" di Sirkus, Seekor Beruang Akhirnya Bebas"

Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help