Berita Banjarmasin

Pertamina Miliki 700 Kelompok UMKM Mitra Binaan

PT Pertamina turut serta mendirikan stand pameran untuk mempromosikan hasil produk-produk kerajinan UMKM binaan Pertamina

Pertamina Miliki 700 Kelompok UMKM Mitra Binaan
banjarmasin post group/ airul syarif

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - PT Pertamina turut serta mendirikan stand pameran untuk mempromosikan hasil produk-produk kerajinan UMKM binaan Pertamina, di acara Festival Pesona Budaya Borneo 2.

Kegiatan ini berlangsung di Eks Kantor Gubernur Kalsel, Jalan Jendral Sudirman, Antasan Besar, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Sabtu (11/8/2018). Rencananya festival ini akan berlangsung hingga Rabu (15/11/2018).

PT Pertamina, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mempunyai tanggung jawab terhadap sosial dan lingkungan.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! LIVE STREAMING Malaysia vs Myanmar di Perebutan Juara 3 Piala AFF U-16 2018

Maka dari itu, mereka mempunyai Program Kemitraan untuk membina kelompok UMKM. Hal ini untuk meningkatkan daya siang dan kemampuan usaha kecil, mitra binaan Pertamina, agar menjadi tangguh dan mandiri.

Jr Assistant Finance CSR & SMEPP PT Pertamina Kalimantan, Sukti Rahmawati mengatakan bahwa pembukaan stand pemeran di Festival Pesona Budaya Borneo, dilakukan sebagai ajang promosi dan pengenalan produk UMKM binaan PT Pertamina kepada masyarakat luas.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming Indosiar Sriwijaya FC vs Madura United Liga 1 2018 di Indosiar

"Salah satu bentuk cara kami untuk meningkatkan mitra binaaan, yaitu dengan mengikutkan ke acara pameran, baik lokal, nasional, maupun internasional. Hal ini supaya produk yang mereka hasilkan dapat diketahui oleh masyarakat luas. Selain di pameran, kami juga menampilkan produk-produk UKM di Rumah Kreatif BUMN (RKB)," ujarnya pada BPost saat ditemui disela kegiatan, Sabtu (11/8/2018) siang.

Terlihat ada beberapa produk industri yang dipamerkan dalam stand Pertamina. Ada kain sasirangan, sandal motif sasirangan, dompet kecil, pernak pernik, kue pie susu, keripik singkong, dan beberapa kerajinan lainnya.

Baca: Hasil (Skor) Martapura FC vs Kalteng Putra : Skor Babak Pertama 0-0, Sandi Gagal Penalti

"Untuk di Kalsel sendiri ada sekitar 700 kelompok UMKM mitra binaan dari tahun 1993 sampai 2018. Kalau di Kalimantan ada sekitar 3.000 kelompok UMKM binaan PT Pertamina Kalimanatan," tutur Sukti pada BPost.

Sektor usaha mitra binaan PT Pertamina ada di beberapa bidang. Di antaranya yaitu perdagangan, peternakan, perikanan, perkebunan, pertanian, industri, jasa, dan lain-lain.

(banjarmasinpost.co.id/airul syahrif)

Penulis: Airul Syahrif
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved