Berita Tanahbumbu

Petani Dapat Bibit Padi Gratis dari PT H Maming

Penduduk Kabupaten Tanahbumbu terbilang cukup banyak yang menjadi petani.

Petani Dapat Bibit Padi Gratis dari PT H Maming
istimewa
Pemaparan kerjasama dari PT H Maming 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Penduduk Kabupaten Tanahbumbu terbilang cukup banyak yang menjadi petani. Pemerintah daerahnya pun terus berupaya meningkatkan kesejahteraan para petaninya.

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para petani Kabupaten Tanahbumbu, Dinas Pertanian menggelar sosialisasi kerjasama bidang pertanian antara PT Bina Batulicin Usaha (BBU) dengan Kelompok Tani yang ada di Tanbu yang dilaksanakan di Pagatan, Jum’at (10/8/18) kemaren.

Baca: LIVE STREAMING Malaysia vs Myanmar di Piala AFF U-16 2018 - Link Live Streaming PSSI TV

Baca: Ambruk Saat Manggung, Via Vallen Justru Tuai Simpati Netizen

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Perwakilan dari PT BBU, Direktur Utama PT H Maming Prof Dr Muchtar Andi Nawir, Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Tanbu, para Kepala Desa, Ketua Gapoktan dan Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Tanbu.

Kerjasama yang dimaksud antara lain pemberian bibit padi unggul secara cuma-cuma kepada petani. Selain itu juga ada bantuan penyaluran pupuk bersubsidi dengan sistem bayar panen dan pembelian gabah panen dari petani oleh PT BBU dengan harga yang bersaing.

Baca: Valentino Rossi Ungkap Kelemahan Motornya Jelang MotoGP Austria 2018

Kepala Dinas Pertanian Tanbu melalui Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Lamijan, Sabtu (11/8/18) menyambut baik dan mendukung rencana kerjasama tersebut. Sebab menurutnya kerjasama itu akan mendorong peningkatan produksi pertanian di Tanbu.

"Melalui kerjasama ini diharapkan dapat menjadi jawaban atas segala permasalahan yang telah dihadapi para petani Bumi Bersujud," katanya.

Menurutnya, Tanbu memiliki potensi yang sangat baik dibidang pertanian, dimana tersedianya lahan yang cukup dan sumberdaya manusia yang memadai.

Baca: Polling Pilpres 2019 Versi Fahri Hamzah, Sampai Capres-Cawapres Ideal dan Tak Ideal Lho

Dengan adanya kerjasama yang saling menguntungkan. Ketjasama itu dipastikan akan dapat meningkatkan semangat para petani dalam mengelola pertanianya, yang bermuara kepada peningkatan kesejahteraan para petani itu sendiri.

Sementara itu, menurut Prof Dr Muchtar Andi Nawir mengatakan program pengembangan pertanian di Tanbu merupakan program yang sangat strategis.

Jadi pihak swasta dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam mengembangkan bidang pertanian menuju peningkatan kesejahteraan petani dan swasembada pangan.

Baca: Meski Bersuami, Rupanya Dosen Cantik Ini Pernah Ditembak Oleh Mahasiswanya

Dikatakanya, melalui kerjasama ini pihaknya dengan para kelompok tani yang ada di Tanbu untuk bersama-sama menanam dan mengelola hasil pertaniannya.

Langkah awal, mereka akan memberikan bibit benih unggul kepada para petani secara cuma-cuma alias gratis.

Baca: Jokowi Disebut Kena Jebakan Batman soal Cawapres, Wasekjen PAN : Indonesia Perlu Ekonom Bukan Ulama

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan membantu mengatasi permasalahan penyaluran pupuk dan masalah pemasaran hasil pertanian yang kerap menjadi kendala petani selama ini.

"Kami akan berikan bibit padi secara gratis kepada para petani, dan membantu penyaluran pupuk bersubsidi dengan sistem bayar gabah setelah panen, serta membeli hasil padi dengan harga yang bersaing," pungkasnya.

(banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help