MotoGP 2018

Jelang Kualifikasi MotoGP Austria 2018, Ungkapan Valentino Rossi Soal Kelemahan Motornya

Cuaca hujan saat gelaran GP Austria dalam sesi latihan bebas, Jumat (10/8/2018) membuat beberapa pebalap mengalami kesulitan.

Jelang Kualifikasi MotoGP Austria 2018, Ungkapan Valentino Rossi Soal Kelemahan Motornya
Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi melakukan ritualnya sebelum menjalani balapan seri ketiga MotoGP Americas di Circuit of the Americas, Amerika Serikat, Minggu (22/4/2018). (DOK. YAMAHA MOTOGP) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Cuaca hujan saat gelaran GP Austria dalam sesi latihan bebas, Jumat (10/8/2018) membuat beberapa pebalap mengalami kesulitan untuk mencatatkan waktu terbaik.

Pun dialami pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi.

Lantaran berada di posisi ke-11 saat sesi latihan bebas pertama di Red Bull Ring, membuat Rossi tidak bisa langsung menuju sesi kualifikasi kedua (Q2) dan harus berjuang menjadi yang tercepat di Q1.

Baca: Polling Pilpres 2019 Versi Fahri Hamzah, Sampai Capres-Cawapres Ideal dan Tak Ideal Lho

"Bagi saya, trek ini adalah trek yang sangat buruk untuk Yamaha. Konfigurasinya tidak membantu saya yang harus memulai di gigi pertama atau kedua di belokan pertama, setelah itu disambut trek lurus," ucap Rossi seperti dikutip Motorsport.com, Sabtu (11/8/2018).

Rossi menilai motor Yamaha miliknya sangat kuat di belokan. Trek seperti Brno dan Mugello mampu dimaksimalkan untuk mendapatkan catatan waktu terbaik. Tapi sirkuit Austria tidak banyak memiliki belokan.

Baca: Valentino Rossi Pertanyakan Keinginan Yamaha untuk Menang di MotoGP 2018

Juara dunia tujuh kali itu mengungkapkan Yamaha harus bekerja di semua area, termasuk pengereman. Ini karena sangat sulit untuk menjaga gap waktu bagi pebalap di depan. Baca juga: Komentar Valentino Rossi Soal Sayap Baru pada YZR-M1

"Masalah kami dalam akselerasi dengan sistem elektronik makin parah saat kondisi basah. Ini karena cengkraman ban berkurang banyak. Jarak antara kami dengan pebalap di depan semakin besar," ucap Rossi.

Rossi saat ini berada di posisi kedua klasmen MotoGP dibawah Marc Marquez dari Repsol Honda.

Baca: Ambruk Saat Manggung, Via Vallen Justru Tuai Simpati Netizen

Rossi merasa meski dirinya belum mendapatkan podium pertama namun konsistensinya mendapatkan poin jadi senjata untuk bertarung di perebutan gelar, meski cukup sulit.

"Saya berada di depan Ducati, juga karena mereka membuat beberapa kali kesalahan. Tapi ini akan sangat sulit untuk mempertahankan tempat kedua sebab Dovizioso dan Lorenzo tampil bagus. Untuk musim ini sangat penting mendapatkan poin di balapan meski mereka berada di depan," ucap Rossi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Valentino Rossi Kesulitan di Trek Austria"

Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved