Berita Kotabaru

Wisata Air Terjun Punya Potensi di Kotabaru, Perangkat Desa Ini Mohon Dukungan

Dari beberapa titik lokasi air terjun, Riam Tinggi sangat potensial dikembangkan dan dikelola sebagai destinas wisata.

Wisata Air Terjun Punya Potensi di Kotabaru, Perangkat Desa Ini Mohon Dukungan
istimewa
Air terjun Riam Tinggi, Desa Muara Uri, Kecamatan Hampang Kabupaten Kotabaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Sekretaris camat (Sekcam) Kantor Kecamatan Hampang, Ary Mardani bertekad mengeksplorasi potensi wisata di wilayahnya. Beberapa daerah berpotensi antara lainya air terjun Riam Tinggi.

Menurut Ary kepada banjarmasinpost.co.id, dari beberapa titik lokasi air terjun, Riam Tinggi sangat potensial dikembangkan dan dikelola sebagai destinas wisata.

"Ada banyak air terjun ternyata di Hampang. Air terjun Suliam di Peramasan dan Mandin Marangsai di Cantung Kiri Hulu," kata Ary, Sabtu (11/8/2018).

Baca: LIVE STREAMING Malaysia vs Myanmar di Piala AFF U-16 2018 - Link Live Streaming PSSI TV

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! LIVE STREAMING Malaysia vs Myanmar di Perebutan Juara 3 Piala AFF U-16 2018

Baca: Ambruk Saat Manggung, Via Vallen Justru Tuai Simpati Netizen

Dari beberapa air terjun, hanya Riam Tinggi berada di desa Muara Uri potensial dijadikan destinasi wisaya. Karena ketinggia air terjunnya mencapai 100 meter.

Maka dari itu, agar Riam Tinggi lebih dikenal wisatawan lokal dan luar Kotabaru. Tahun ini, melalui kantor desa setempat dibangun jalan untuk akses ke lokasj sepanjang 4 kilometer.

"Selebihnya 4 kilimeter lagi menunggu dana desa selanjutnya," ujar Ary kepada banjarmasinpost yang sebelumnya pernah menjabat Kabid Destinasi Pariwisata di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotabaru.

Baca: Polling Pilpres 2019 Versi Fahri Hamzah, Sampai Capres-Cawapres Ideal dan Tak Ideal Lho

Agar air terjun Riam Tinggi juga menjadi salah satu objek wisata andalan daerah ini, diharapkannya untuk percepatan pembukaan akses ada campur tanggan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air.

"Potensi wisata air terjun terdekat ada di Hampang. Kotabaru wisatanya akan lengkap dengan adanya air terjun ini," ujar Ary.

Masih menurut Ary, pihak kecamatan dan dinas pariwisata belum bisa promosikan potensial wisata tersebut dgn baik kalau akses jalan menuju ke air terjun belum bisa di jangkau.

Baca: Ungkapan Jenderal Kardus ke Prabowo Dinilai Gerindra Hanya Sebagai Ungkapan Ketidaksukaan

Mungkin harus dibantu oleh dinas pariwisata dan bina marga untuk membangun pengembangan wisata air terjun akan cepat terealisasi," harapnya.

"Bina marga membangunkan jalan dan dinas pariwisata membangunkan sarana penunjang seperti gazebo, toilet dan bangunan rumah jaga atau rumah informasi," tandas Ary.

(banjarmasinpost.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help