Menengok Kerja Babinkamtibmas

Satu Anggota Wajib Melayani 3 Sampai 5 Kelurahan, Minggu dan Hari Besar Tidak Libur

Jajaran Babin Kamtibmas Polsekta Banjarmasin Selatan, yang setiap hari anggota polisi ini harus terjun ke masyarakat.

Satu Anggota Wajib Melayani 3 Sampai 5 Kelurahan, Minggu dan Hari Besar Tidak Libur
jumadi
Babinkamtibmas Kelurahan Kelayan Barat Polsek Banjarmasin Selatan Brigadir Yoyo Wibisono memantau penyaluran rasta untuk warga, Kamis (09/8/2018) kemarin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tugas polisi tidak hanya menangkap pelaku kejahatan, tetapi juga melindungi dan mengayomi masyarakat serta melakukan pendekatan secara persuasif. Persoalan kecil yang terjadi di masyarakat tidak harus sampai ke ranah hukum. Tetapi dilakukan mediasi dan perdamaian.

Itulah tugas yang dilakukan anggota Babinkamtibmas. Ini diberlakukan di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah yang dilakukan jajaran Babin Kamtibmas Polsekta Banjarmasin Selatan, yang setiap hari anggota polisi ini harus terjun ke masyarakat.

Mereka datang ke semua kantor kelurahan. Satu anggota Babin Kamtibmas melayani 3 sampai 5 kelurahan. Hari Minggu maupun libur besar anggota Babin Kamtibmas ini tetap bertugas.

Baca: Hasil Liga Inggris Pekan Pertama - Chelsea ke Puncak Klasemen Usai Tekuk Tuan Rumah Huddersfield

Salah satu tugasnya adalah melakukan monitoring pembagian penyaluran rasta (beras sejahtera). Baru-baru ini Babinkamtibmas Kelurahan Kelayan Barat Polsek Banjarmasin Selatan Brigadir Yoyo Wibisono memantau penyaluran rasta untuk warga, Kamis (09/8/2018) kemarin.

Baca: Hasil ICC 2018 - Inter Milan Kalahkan Atletico Madrid Berkat Tendangan Kungfu Lautaro Martinez

Program pemerintah dalam usaha mengentaskan kemiskinan salah satunya adalah pembagian Rastra (Beras Sejahtera) yang dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu, sehingga dengan adanya pemantauan dari Bhabin Kamtibmas terhadap pembagian tersebut, diharapkan bisa tepat sasaran.

Kegiatan tersebut bertujuan agar pembagian Rastra tersebut sesuai sasaran sehingga terhindarnya celah-celah komplain dari masyarakat.Pada kesempatan tersebut Bhabin Kamtibmas juga menyempatkan berikan himbauan saber pungli kepada warga.

Baca: Hasil Kualifikasi MotoGP Austria 2018 : Marquez Pole Position, Rossi Hanya Start ke-14

Brigadir Yoyo Wibisono menjelaskan pencegahan pemberantasan pungutan liar (pungli) yang diatur dalam Peraturan Presiden No 87 Tahun 2016, dan pungli dilarang oleh Undang-undang baik yang memberi maupun yang menerima.

Kegiatan tersebut bertujuan agar terwujudnya pelayanan publik yang terbebas dari pungutan liar, sehingga masyarakat merasa nyaman dengan tidak adanya pungutan liar serta agar masyarakat awam lebih mengerti apa itu pungli, serta Bhabinkamtibmas menyampaikan jangan takut melaporkan oknum praktik pungli kepada pihak berwajib atau melalui call 0812 5014 834. (BANJARMASINPOST.CO.ID/jd)

Penulis: Jumadi
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help