Yayasan Adaro Bangun Negeri

Tantangan dan Realita Remaja Masa Kini

“Beri Aku 100 Orang Tua, Niscaya Akan Ku Cabut Semeru dari Akarnya. Beri Aku 10 Pemuda, Niscaya Akan Ku Guncangkan Dunia".

Tantangan dan Realita Remaja Masa Kini
istimewa/ Yayasan Adaro Bangun Negeri
Sejumlah project menggunakan metode yang menyenangkan untuk mengajak remaja menjauhi narkoba 

BANJARMASINPOST.CO.ID - “Beri Aku 100 Orang Tua, Niscaya Akan Ku Cabut Semeru dari Akarnya. Beri Aku 10 Pemuda, Niscaya Akan Ku Guncangkan Dunia".

Begitulah kiranya perkataan yang pernah terlontar dari Presiden Pertama Indonesia Soekarno yang menegaskan betapa pentingnya peran kaum muda bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Masa depan suatu bangsa dapat dilihat dari kualitas pemuda dan remajanya, generasi muda akan menjadi penerus dan pewaris negara di suatu saat.

Dengan demikian tanggung jawab yang di emban mengharuskan generasi muda memiliki karakter yang kuat. Semangat nasionalisme, serta mampu bersaing secara global dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Hari ini, 12 Agustus ditetapkan sebagai International Youth Day (Hari Remaja Internasional), mengusung tema “Remaja Membangun Perdamaian” diharapkan remaja dapat menjadi bagian penting dalam pembangunan dan kedamaian suatu bangsa.

Permainan Anti Narkoba
Permainan Anti Narkoba (istimewa/yayasan anak bangun negeri)

Dalam perkembangan yang terjadi dilingkungan masyarakat, beberapa waktu mungkin kita pernah disuguhkan dengan berita-berita yang mengisahkan tentang kenakalan kaum remaja.

Banyak terjadi pelanggaran hokum yang pelakunya dari kalangan remaja. Tindak kekerasan hingga penyalahgunaan obat-obatan terlarang kerap kita temui terjadi dikalangan remaja.

Dari data yang dirilis oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) pada tahun 2016 mencatat bahwa dari seluruh angka penyalahgunaan obat terlarang di Indonesia, 27,32 persen berasal dari kalangan remaja.

Ditambah dengan perilaku seks bebas yang marak semakin menambah daftar hitam bagi kalangan remaja.

Krisis identitas menjadi hal yang kerap dinilai sebagai penyebab seorang remaja melakukan kenakalan di usianya.

Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help