Berita Banjarmasin

Ada 48 Pohon Ditebang untuk Pembangunan Trotoar A Yani, 'Ini Masukan Kaum Disabilitas'

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin menggelar rapat bersama

Ada 48 Pohon Ditebang untuk Pembangunan Trotoar A Yani, 'Ini Masukan Kaum Disabilitas'
dinas pupr
Konsep trotoar di Jalan A Yani. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Harapan penyandang disabilitas di Kota Banjarmasin untuk mendapatkan akses layanan publik mumpuni seperti trotoar akhirnya tercapai.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin menggelar rapat bersama membahas pengerjaan trotoar di Jalan A Yani sepanjang dua kilometer di bagian kiri dan kanan jalan.

Rencana awal pembangunan trotoar di Jalan A Yani dari pertigaan Jalan Kolonel Sugiono dan Jalan A Yani, masih akan mempertahankan beberapa pohon di sana.

Baca: Via Vallen Posting Foto Ini pasca aktifkan Kembali Instagramnya, Sindir Siapa Ya?

Bahkan, guiding block untuk disabilitas tuna netra di buat mengitari pohon. Namun, berdasarkan rapat tadi siang, pembangunan guiding block akan dibuat lurus.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, mengatakan sedapat mungkin pihaknya akan melakukan penembangan pohon di sana. Rencananya, ada 48 palm yang terkena dampak pembangunan trotoar tersebut.

Baca: Jadwal Lengkap Pertandingan Sepakbola Asian Games 2018, Laga Timnas U-23 Indonesia Live SCTV

“Yang menebang nanti dari Dinas Lingkungan Hidup. Lagi pula di bagian belakang sudah ada pohon trambesi,” ujarnya.

Tak hanya pohon yang tekena dampang manhoul PDAM Bandarmasih juga terkena dampak pembangunan trotoar. “Tak masalah, semua pihak sudah mendukung. Apalagi ini untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin, Gusti Ridwan Sofyani, mengatakan pembangunan trotoar akan dibangun ramah untuk penyandang disabilitas.

Menurutnya, masukan dari kaum disabilitas sudah ditampung dan diaplikasikan untuk pembangunan trotoar.

Baca: Reaksi Boyband BTS Saat Menonton Nissa Sabyan Gambus Menyanyi Ya Jamalu, Begini Cerita Sebenarnya

“Ini juga masukan dari mereka,” katanya.

Untuk membuat trotoar ramah bagi penyandang disabilitas, tak hanya pohon dan manhoul PDAM saja yang berdampak, utilitas lain seperti 22 reklame juga akan direposisi dari tempatnya yang berada di tengah-tengah jalur pedestrian.

Dikatakan Ridwan, selain peningkatan trotoar, pihaknya juga akan membuat penataan taman, merapikan pohon, siring batu di sungai A Yani juga diperbaiki. “Kalau ini berhasil, sisanya akan diteruskan tahun depan. Agar selesai semua perlu anggaran Rp 22 miliar lagi,” katanya.

Tahun untuk trotoar sepanjang dua kilomenter kiri dan kanan jalan diperlukan anggaran sebesar Rp 9,2 miliar. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help