Berita Banjarmasin

Ahli Gizi Wahyu Hardi Prasetiyo: Yuk, Makan Sehat, Seimbang, Cegah (Gejala) Kanker

Anggapan di masyarakat jika memakan salah satu bahan makanan bisa memicu kanker, begitu juga pemakaian alat masak yang mengandung almunium.

Ahli Gizi Wahyu Hardi Prasetiyo: Yuk, Makan Sehat, Seimbang, Cegah (Gejala) Kanker
banjarmasinpost.co.id/salmah
Wahyu Hardi Prasetiyo, Ahli Gizi RSUD Ulin Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Saat makan, jangan hanya mementingkan enaknya makanan itu saat sampai di lidah, lebih dari itu perhatikan komposisi zat gizi yang masuk ke tubuh secara seimbang, aman dan higienis.

Berkenaan dengan kanker, Wahyu Hardi Prasetiyo SSTG MPH RD, ahli gizi klinik RSUD Ulin, menjelaskan, dari beberapa penelitian yang merujuk pada kanker serviks dan kanker ovarium, disebabkan oleh virus, faktor lain yaitu keturunan dan pola perilaku.

"Upaya memilih makanan sehat, bergizi, seimbang, aman dan higienis, merupakan pencegahan yang dapat membantu proses metabolisme sempurna, membentuk imun tubuh yang baik dan menciptakan status gizi yang baik," jelasnya.

Ada anggapan di masyarakat jika memakan salah satu bahan makanan bisa memicu kanker, begitu juga pemakaian alat masak yang mengandung almunium, tembaga dan lainnya, serta pemakaian kresek warna hitam pada makanan yang sudah matang/masak.

Baca: Hasil Akhir Timnas U-23 Indonesia vs Taiwan Asian Games 2018 - Skor Akhir 4-0, Bertabur Gol Cantik

Ada juga asumsi bahwa mengonsumsi leher ayam ras bisa memicu kanker serviks. Sebenarnya, tidak semudah itu mendiagnosa seseorang sehingga menderita penyakit kanker.

Wahyu yang juga menjadi pembicara pada seminar nasional kesehatan wanita akhir pekan tadi, menjelaskan, penyakit kanker serviks dan kanker ovarium itu pencegahannya adalah melalui deteksi dini berupa pemeriksaa papsmer secara rutin. Selanjutnya pemeriksaan lain berkelanjutan serta sebelumnya perlu imunisasi.

"Sering terjadi justru pasien datang dengan keluhan dan setelah diperiksa sudah ternyata kanker serviks/ovarium tingkat 2a/b bahkan ada yang sudah stadium 4," ungkapnya.

Peranan gizi di sini adalah dengan konsumsi makanan yang berkualitas, seimbang, bergizi, aman, sebagai pencegahan utama pada gejala kanker.

Baca: Hasil MotoGP Austria 2018 - Jorge Lorenzo Juara, Marc Marquez dan Valentino Rossi di Posisi Ini

Jika berat badan turun, nafsu makan turun, buang air besar tidak teratur, terlebih keluhan klinis lain muncul, antara lain menstruasi tidak teratur, pendarahan, segera periksa ke dokter kandungan.

Perjalanan seseorang menderita kanker itu berbagai macam, bisa cepat, bisa lambat.

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help