Berita Banjarbaru

Kabupaten Tanahlaut Bakal Dibangun TPU Regional, Ini Penjelasan Pemprov Kalsel

Negosiasi untuk pencanangan Tanahlaut menjadi lokasi pembuatan TPU dibenarkan Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Kalsel, Akhmad Yani.

Kabupaten Tanahlaut Bakal Dibangun TPU Regional, Ini Penjelasan Pemprov Kalsel
Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari
Tempat pemakaman di Guntung Lua ini termasuk yang utama bagi warga Kota Banjarbaru untuk memakamkan anggota keluarga atau kerabatnya yang meninggal. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pemprov Kalsel mencanangkan menjadikan Kabupaten Tanahlaut menjadi lokasi pembangunan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Regional Banjarbakula.

Negosiasi untuk pencanangan Tanahlaut menjadi lokasi pembuatan TPU dibenarkan Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Kalsel, Akhmad Yani.

Sebutnya sudah dilakukan pembicaraan agar Tanahlaut mau menjadi daerah yang menyediakan lokasi untuk TPU Regional Banjarbakula.

"Sudah ada pembicaraan tidak resmi, tanggapannya positif tapi belum resmi masih," jelasnya, Senin (13/08/2018).

Baca: Via Vallen Posting Foto Ini pasca aktifkan Kembali Instagramnya, Sindir Siapa Ya?

Tanahlaut dipilih karena Tanahlaut dinilai masih banyak memiliki lahan kosong dan tak subur. Oleh karena itu Tanahlaut dipilih.

"Paling memungkinkan di Tanahlaut khususnya di daerah perbatasan dengan Banjarbaru," ungkapnya kepada Banjarmasinpost.co.id

Baca: Jadwal Lengkap Pertandingan Sepakbola Asian Games 2018, Laga Timnas U-23 Indonesia Live SCTV

Sebelumnya ujar Yani pihaknya juga sudah membicarakan dengan Pemko Banjarbaru agar mau menjadi lokasi pembuatan TPU Regional, namun Pemko Banjarbaru menolak karena sudah menyediakan lahan untuk TPA Regional.

" Mereka mengaku sudah mau menjadi lokasi pembuangan sampah Banjarbakula jadi mereka menolak," terangnya.

Selain Tanahlaut, lokasi yang memungkinkan jelas Yani untuk pembuatan TPU Regional jelasnya adalah Kabupaten Banjar. Selain Tanahlaut, Kabupaten Banjar jelas Yani juga memiliki lahan cukup luas untuk pembuatan TPU Regional.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) SCTV Timnas U-23 Indonesia vs Palestina di Sepakbola Asian Games 2018

Proyek Banjarbakula sendiri berada di Biro Pemerintahan sebagai fasilitator dari Pemprov Kalsel ke Pemerintah pusat. Saat ini ujar Yani proyek Banjarbakula tengah berjalan SPAM Banjarbakula, TPA Regional, dan BRT Banjarbakula, tersisa TPU Banjarbakula yang hingga kini belum dikerjakan sama sekali.

"Oleh karena itu ini kita mulai mencoba untuk memulai pembangunan proyek terakhir ini," tambahnya.

Sementara Kepala Bappeda Kalsel, H Nurul Fajar Desira terkait Kabupaten Tanahlaut yang dicanangkan menjadi bakal lokasi pembuatan TPU Regional Banjarbakula sebutnya harus melalui perencanaan dan studi. Sementara ini sebutnya belum ada perencanaan untuk pembuatan TPU Banjarbakula.

"Belum ada, tidak bisa menentukan lokasinya secara lansung tanpa ada studi yang harus dilakukan," ujarnya.(Banjarmasinpost.co.id /milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help