Berita Banjarmasin

Pemko Bangun Trotoar Ramah Disabilitas, Ketua Organisasi Disabilitas Pun Berkata Begini

Rencana awal pembangunan trotoar di Jalan A Yani dari pertigaan Jalan Kolonel Sugiono dan Jalan A Yani, masih akan mempertahankan beberapa pohon

Pemko Bangun Trotoar Ramah Disabilitas, Ketua Organisasi Disabilitas Pun Berkata Begini
edi nugroho
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina. 

BANJARMAISINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Harapan penyandang disabilitas di Kota Banjarmasin untuk mendapatkan akses layanan publik mumpuni seperti trotoar akhirnya tercapai. Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin menggelar rapat bersama membahas pengerjaan trotoar di Jalan A Yani sepanjang dua kilometer di bagian kiri dan kanan jalan.

Rencana awal pembangunan trotoar di Jalan A Yani dari pertigaan Jalan Kolonel Sugiono dan Jalan A Yani, masih akan mempertahankan beberapa pohon di sana. Bahkan, guiding block untuk disabilitas tuna netra di buat mengitari pohon. Namun, berdasarkan rapat tadi sore, pembangunan guiding block akan dibuat lurus.

Baca: Jadwal Lengkap Pertandingan Sepakbola Asian Games 2018, Laga Timnas U-23 Indonesia Live SCTV

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) SCTV Timnas U-23 Indonesia vs Palestina di Sepakbola Asian Games 2018

Baca: Rentan Meledak, Begini Cara Pemko Mengatasi Penyaluran Gas di TPA Basirih

Ketua Organisasi Disabilitas DPD PPUA (Pusat Pemilihan Umum Akses Penyandang Cacat) Provinsi Kalimantan Selatan, Hervita Liana, menyambut baik keputusan pemko membuat trotoar untuk ramah terhadap penyandang disalbilitas. Dimana hak-hak disabilitas bisa jalan diatas trotoar dengan ramah dan tidak terganggu pohon, baliho, dan yang dapat menyulitkan disabilitas.

“Jadi masyarakat disabilitas bisa menikmati jalan di atas trotoar dengan nyaman bagi disabilitas tuna netra, tuna daksa, peguna kursi roda, pakai tongkat dan masyarakat umum juga,” bebernya.

Apalagi, hak penyandang disabilitas sudah ada pada UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Penydangang Disabilitas dan Perda Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 17 Tahun 2013 tentang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Penyandang Disabilitas. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help