Berita Banjarmasin

Pengelola Mall dan Pusat Perbelanjaan Diwajibkan Fasilitasi Pameran UKM

Kementrian Perdagangan mewajibkan pengelola pusat perbelanjaan modern termasuk mall lebih intensif untuk memfasilitasi pelaku usaha lokal

Pengelola Mall dan Pusat Perbelanjaan Diwajibkan Fasilitasi Pameran UKM
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Jajaran produk UKM kalsel dalam kegiatan workshop yang diselenggarakan Kementrian Perdagangan dan Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel beberapa waktu lalu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kementrian Perdagangan mulai  menerapkan kebijakan mewajibkan pengelola pusat perbelanjaan modern termasuk mall lebih intensif untuk memfasilitasi pelaku usaha lokal di daerahnya masing-masing.

Dijelaskan Kepala Subdit Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Kementrian Perdagangan, Kukuh Sriharjanto, pengelola pusat perbelanjaan wajib menyelenggarakan pameran usaha kecil dan menengah (UKM) setidaknya satu tahun sekali.

Kebijakan itu, terangnya, sebagai tindak lanjut atas penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Kementrian Perdagangan dan Perkumpulan Pengusaha Pusat Perbelanjaan di tingkat pusat beberapa waktu lalu.

Baca: Lihat Gaya Denada Nyanyikan Lagu Via Vallen Official Theme Song Asian Games 2018, Banyak yang Kaget

Baca: Lihat 5 Foto Ayu Ting-ting Berhijab Bikin Pangling, Bilqis Tak Kalah Cantik

Tujuanya adalah untuk meningkatkan sinergi . Fasilitas berupa pameran ini menurutnya memberikan kesempatan produk-produk UKM lokal lebih dikenal masyarakat luas.

"Karena memang seharusnya kehadiran pusat perbelanjaan dan mall di suatu daerah bisa menjadi langkah kemajuan tak hanya bagi pengusaha besar tapi juga UKM lokal," kata Kukuh.

Hal ini menurutnya melengkapi aturan sebelumnya yang sudah wajibkan ritel-ritel dan swalayan modern untuk mengakomodasi produk-produk lokal termasuk karya pelaku UKM di daerah.

Baca: Puteri Indonesia Sonia Fergina Dikira Lucinta Luna Bahkan Dituding Oplas Gara-gara Foto Ini

Kukuh juga menyatakan saat ini pihaknya sedang intensif lakukan pendataan pelaku UKM potensial untuk susun program pameran UKM tematik berskala nasional maupun internasional.

"Nanti supaya lebih fokus, konsep pameran akan dibuat tematik. Jadi bisa fokus kuliner, budaya hingga kesenian atau handcraft," kata Kukuh. (banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help