Bertakwa

Pemda HSU Dukung Program Penghafal Alquran

Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memiliki julukan kota bertakwa, tak heran karena hampir seluruh warganya beragama Islam

Pemda HSU Dukung Program Penghafal Alquran
istimewa
Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi Lc hadiri seminar internasional Indonesia Menghafal Alquran yang diikuti sekitar 1200 peserta 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memiliki julukan kota bertakwa, tak heran karena hampir seluruh warganya beragama Islam dan memiliki banyak Pondok Pesantren.
Salahsatunya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Alquran (STIQ) Amuntai yang telah mencetak ribuan penghafal Alquran.

Dan hal ini mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah, seperti kegiatan yang baru saja digelar yaitu seminar internasional Indonesia Menghafal Alquran yang diikuti sekitar 1.200 peserta.

Bertempat di Ponpes Ihya Ulumuddin Nur Sufi’iyah, Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi Lc yang ikut menghadiri kegiatan tersebut sangat berbangga dan terpukau dengan antusias para generasi muda dalam menggemakan Alquran di Kabupaten HSU.

seminar internasional Indonesia Menghafal Alquran
seminar internasional Indonesia Menghafal Alquran (istimewa)

“Para penghafal Alquran ini merupakan generasi penerus bangsa yang kelak melanjutkan pembangunan di Kabupaten HSU, dengan pondasi agama yang kuat dan menanamkan Alquran dalam dirinya maka akan menjadikan generasi penerus yang amanah,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Komunitas Menanam Jariyah 1000 Penghafal Alquran, Ponpes Ihya Ulumuddin Nur Sufi'iyah dan Bank Kalsel.

Peserta paling banyak adalah dari kalangan pelajar dan mahasiswa, bahkan mahasiswa dari Jakarta, Jogja, Bekasi, dan dari Universitas Al-Azhar Mesir pun datang.

Pemateri yang mengisi acara Seminar ini dua pemuda yang lagi viral di media sosial, dan juga dua pemuda idola yang menginspirasi masyarakat Banua, yaitu, Syekh Asal Al-Makki Al-Banjari dan Syekh Syamsul Fajri Al-Banjari Al-Azhari.

Profil singkat kedua pemuda ini ialah, Syekh Syamsul Fajri adalah seorang Imam Masjid Ar-Rahman Kairo Mesir, Imam Masjid Alice Spring Australia, Juara Tahfizh 30 juz Tingkat Internasional, Mahasiswa S2 Jurusan Hadis Universitas Al-Azhar Kairo Mesir

Sedangkan Syekh Asal adalah seorang Imam Masjid Birrul Walidain Makkah, Qari Masjidil Haram Makkah, Juara I MTQ Tingkat Kota Makkah, Pengajar Alquran untuk mahasiswa asing Fakultas Dakwah Ummul Qura University.

Ketua panitia pelaksana Ustad Sirajul Munir berharap dengan acara seminar internasional ini akan lahir generasi qur'ani seperti syekh Asal dan syekh Syamsul Fajri di masa mendatang.

"Semoga nanti akan lahir generasi qur'ani seperti syekh Asal dan Syekh Syamsul Fajri di masa mendatang". Kata dia.

Tujuan di adakan acara ialah untuk meningkatkan semangat dalam menghafal Alquran maupun pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Alquran. (*/aol)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved