Berita Banjarmasin

Biaya Listrik Taman Air Mancur di Banjarmasin Berkisar RP 300 Ribu Sampai Rp 1 Juta

Proyek taman air mancur menari di Taman Kamboja Banjarmasin Jalan Anang Adenansi Kelurahan Kertak Baru Ulu, mulai dikerjakan hari ini.

Biaya Listrik Taman Air Mancur di Banjarmasin Berkisar RP 300 Ribu Sampai Rp 1 Juta
banjarmasin post group/ edi nugroho
AIR MANCUR – Di lokasi ini Pemerintah Kota Banjarmasin akan membangun taman air mancur menari. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Proyek taman air mancur menari di Taman Kamboja Banjarmasin Jalan Anang Adenansi Kelurahan Kertak Baru Ulu, mulai dikerjakan hari ini.

Proyek sebesar Rp 5,463 miliar ditarget selesai pada Desember mendatang.

Menengok kesuksesan Purwakarta yang membuat taman air mancur menari seluas satu hektare, Pemerintah Kota Banjarmasin bakal membangun di tengah Taman Kamboja dan hanya memiliki diameter 43 meter. Ukuran ini jelas, jauh dibandingkan dengan Purwakarta.

Baca: Live Streaming SCTV Timnas U-23 Indonesia vs Palestina Asian Games 2018, Live Vidio.com

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Link Live Streaming SCTV Timnas U-23 Indonesia vs Palestina Asian Games 2018

Baca: LIVE SCTV! Link Live Streaming SCTV Timnas U-23 Indonesia vs Palestina di Asian Games 2018

Baca: Ibnu Sina Lantik 121 Pejabat dan Kepala Sekolah di Lingkup Pemko Banjarmasin, Ini Rinciannya

Meski kecil, ternyata anggaran untuk sekali menunjukan air mancur menari ini menelan anggaran sebesar Rp 300 ribu. Mungkin angka ini terlihat kecil. Namun, jika dilihat dari waktu pertunjukan air mancur menari yang hanya 20 menit, maka ini kategori yang cukup merogoh kocek APBD Kota Banjarmasin.

Sebenarnya satu kali pertunjukan Rp 300 ribu jauh lebih kecil dari Purwakarta yang menelan biaya listrik sebesar Rp 10 juta per pertunjukan.

Dari perhitungan PT Carbek Nusantara, satu kali tayang air mancur menari dengan diameter 43 meter bisa mencapai Rp 1 juta setiap pertunjukannya.

Baca: Live Streaming Vidio.com Korea Selatan vs Bahrain di Asian Games 2018, Pemain Tottenham Main

Selain mengerjakan taman air mancur mencari di Taman Kamboja, PT Carbek Nusantara sudah mengerjakan taman air mancur menari di Purwakarta dengan anggaran Rp 48 miliar.

“Karena menggunakan teknologi yang berbeda dengan Purwakarta, saya berani pastikan listrik akan lebih murah dibandingkan di sana. Kalau hitung-hitungan kasar saja, taman berdiameter 43 meter itu bisa menghabiskan anggaran Rp 1 juta, tapi ini hemat 70 persen,” kata Arie Aripin Specialist Consultant Landscape, Water Fountain and Outdoor Playground PT Carbek Nursantara, usai tanda tangan kontrak antara Pemerintah Kota Banjarmasin dengan PT Carbek Nusantara.

Baca: Link Live Streaming Timnas U-23 Indonesia vs Palestina via Live Streaming SCTV - Vidio.com

Mengapa pertunjukan taman air mancur menari begitu mahal, lihat saja dari besaran watt listrik untuk menggerakkan mesinnya mencapai 35 ribu watt. Besaran listrik ini juga masih terlalu kecil dibanding dengan Purwakara yang mencapai 200 ribu watt.

Tahap pertama pelaksanaan pembangunan air mancur dilakukan hari ini. Pelaksanaanya meliputi pengerukan tanah.

Selain itu, pihaknya akan menanamkan nozzle (pipa semprot, red) di dalam tanah, serta memasang lampu LED. Lalu, konsep air mancur seperti apa yang digunakan di Banjarmasin? Ya, Banjarmasin bakal menggunakan nuansa Islami dengan pertunjukan selawat.

Baca: SESAAT LAGI! Live Streaming SCTV Timnas U-23 Indonesia vs Palestina di Asian Games 2018

“Ini teknologi, tinggal diatur saja. Konsepnya menyesuaikan dengan musik salawat,” jelasnya.

Selain taman air mancur menari, Taman Kamboja bakal dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti  taman edukasi, taman bermain, taman bunga, dan danau. Rencananya, taman ini juga menjadi Ruang Terbuka Hijau dan Taman Bermain Ramah Anak (RTH-TBRA). (banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help