Bumi Sanggam

Paskibra Balangan Akan Tampilkan Formasi Gula Habang pada Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI

Tinggal beberapa hari lagi, upacara peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia akan dilaksanakan di setiap penjuru tanah air.

Paskibra Balangan Akan Tampilkan Formasi Gula Habang pada Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI
istimewa
anggota paskibra balangan saat latihan dihalaman kantor bupati balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Tinggal beberapa hari lagi, upacara peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia akan dilaksanakan di setiap penjuru tanah air.

Demi suksesnya prosesi pengibaran Sangsaka Merah Putih, barisan pasukan pengibar bendera (Paskibra) Kabupaten Balangan terus berlatih meskipun terik matahari menyengat kulit mereka.

Dalam setiap latihan yang dilakukan kali ini, terlihat ada yang berbeda dari pelaksanaan pengibaran bendera merah putih pada tahun lalu.

Jika pada 2017 lalu Paskibra Kabupaten Balangan menampilkan formasi Rumah Banjar.

Kali ini, mereka menggunakan formasi yang lebih identik dengan kabupaten berjuluk Bumi Sanggam ini.

“Tahun ini kami menggunakan formasi ‘Gula Habang’ (gula merah) pada upacara penaikan bendera, dan formasi Rumah Banjar kami pakai di upacara penurunan bendera,” ujar Danramil Paringin Kapten Inf Tajudin Nor selaku Koordinator Paskibraka Kabupaten Balangan.

Tajudin membeberkan, terpilihnya formasi gula habang ini atas dasar permintaan pimpinan Pemkab Balangan.

Selain itu juga, formasi ini dirasa memang sangat pas, karena Balangan juga sangat identik dengan gula merahnya yang bagus seperti buatan Kecamatan Lampihong.

“Sebenarnya ada sih usulan membuat formasi lain, seperti formasi Mandai (makanan khas dari Kecamatan Batumandi). Tapi itu cukup sulit membuatnya karena bentuknya acak,” cetusnya.

Di sisi lain, Tajudin mengungkapkan, apa yang dilakukan anak-anak terpilih Balangan yang bertugas sebagai pengibar bendera ini tidak terlepas dari arahan para pelatih yang tergabung dari Polri dan TNI.

Sementara itu, salah seorang anggota Paskibra Balangan, M Fahri Alkautsar mengungkapkan, semakin hari ia semakin merasa gugup.
Pasalnya, sebentar lagi ia dan teman-teman anggota Paskibra lainnya diberikan amanah yang besar untuk mengibarkan bendera merah putih di upacara kemerdekaan nanti.

Siswa SMAN 2 Paringin ini sangat optimistis bisa menjalankan tugas dengan baik dan berusaha tak mengecewakan amanahkan pelatih, pemkab dan instansi terkait lainnya.

“Kerja keras dalam berlatih yang kami tunjukkan adalah bukti betapa kuatnya semangat kami. Kami pun akan terus berlatih sampi hari pelaksanaannya tiba,” pungakasnya. (*/aol)

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help