Berita Tabalong

Sosialisasi Penyelesaian Tagihan dan Kewajiban Perpajakan Atas Beban APBN Digelar

KPPN Tanjung menyelenggarakan sosialisasi tentang mekanisme Penyelesaian Tagihan dan Kewajiban Perpajakan Atas Beban APBN

Sosialisasi Penyelesaian Tagihan dan Kewajiban Perpajakan Atas Beban APBN Digelar
istimewa
Penandatanganan pakta integritas untuk tidak melakukan korupsi kolusi nepotisme, antara Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN ) Tanjung dengan Rekanan mitra KPPN Tanjung disaksikan oleh Kepala KPPN Tanjung, Bayu Setiawan Yuniarto. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjung bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjung menyelenggarakan sosialisasi tentang mekanisme Penyelesaian Tagihan dan Kewajiban Perpajakan Atas Beban APBN, serta tata cara mengenai penyelesaian Tuntutan Ganti Kerugian Negara, Rabu (15/8/2018).

Sosialisasi yang dilaksanakan di Hotel Aston Tanjung ini diikuti peserta meliputi para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), bendahara dan pimpinan perusahaan atau pihak ketig yang menjadi rekanan dalam pengadaan barang dan jasa satuan kerja wilayah Kabupaten Tabalong dan Balangan.

Baca: Hasil Timnas U-23 Indonesia vs Palestina di Asian Games 2018 : Skor 1-1 Sementara, Hukuman Penalti

Baca: Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Palestina Live SCTV, Asa ke Puncak Grup A Asian Games 2018

Baca: Prediksi Skor Timnas Indonesia U-23 vs Palestina Nanti Malam Versi Frans Sinatra Huwae

Baca: Cara Unik Jacksen F Tiago Dukung Timnas Indonesia U-23 vs Palestina di Ajang Asian Games 2018

Kegiatan ini merupakan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan good governance yaitu transparansi dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kepala KPPN Tanjung, Bayu Setiawan Yuniarto, mengatakan, dengan adanya sosialiasi ini diharapkan semua pihak yang terkait dengan pengelolaan APBN dapat mengetahui hak dan kewajiban masing-masing secara detail.

"Sehingga akan mendorong akuntabilitas dalam penggunaan APBN yang pada akhirnya akan menciptakan pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, akuntabel, dan responsive terhadap aspirasi dan kepentingan masyarakat," katanya.

Baca: Cerita Luhut Saat Jokowi Lebih Pilih Mahfud MD Ketimbang Maruf Amin untuk Cawapres di Pilpres 2019

Baca: Reaksi Hasto Saat Maruf Amin Disebut Mahfud MD Ancam Jokowi Tentukan Cawapres Pilpres 2019

Baca: Mahfud MD Diberitahu Ketum PKB Jelang Munculnya Ancaman ke Jokowi soal Cawapres Pilpres 2019

Disampaikannya juga, kegiatan ini merupakan bagian dari bentuk sinergi dalam pengelolaan APBN secara simultan dimana KPPNTanjung sebagai instansi vertikal Kementerian Keuangan di daerah yang mengelola APBN pada sisi belanja negara dengan KPP Pratama Tanjung yang mengelola APBN pada sisi pendapatan negara berkolaborasi untuk mengadakan kegiatan dalam rangka pengelolaan APBN yang lebih baik.

Adapun materi yang disampaikan dalam sosialisasi ini antara lain, tentang ekanisme penyelesaian tagihan atas beban APBN, tata cara penyelesaian tuntutan ganti rugi negara atau daerah kepada bendahara, pegawai negeri bukan bendahara dan pihak ketiga serta materi tentang ketentuan mengenai kewajiban perpajakan.

Baca: Live Streaming RCTI - Link Live Streaming Real Madrid vs Atletico Madrid Piala Super Cup 2018

Baca: Mulai Uang Rp 50 Juta Hingga Emas, Pemulung di TPA Basirih Sering Temukan Benda Berharga

Kemudian dalam acara sekaligus juga diadakan penandatangan fakta integritas antara KPPN Tanjung dengan perusahaan penyedia barang yang menjadi rekanan KPPN Tanjung.

"Fakta ontegritas ini merupakan salah satu dari wujud komitmen Kementerian Keuangan yang telah mencanangkan nilai-nilai yaitu integritas, profesionalime, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan yang harus dipedomani oleh setiap pejabat atau pegawai dalam melaksanakan tugas-tugasnya," pungkas Bayu. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

 

Penulis: Dony Usman
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help