Berita Banjarmasin

Uniska Samakan Persepsi Dengan Sekolah Untuk Bekal Magang Mahasiswa

UPPL Uniska mengundang kepala sekolah dan guru-guru dari sejumlah sekolah untuk menyamakan persepsi terkait proses pemagangan nanti.

Uniska Samakan Persepsi Dengan Sekolah Untuk Bekal Magang Mahasiswa
istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID - Unit Pengalaman Praktik Lapangan (UPPL) Uniska (Universitas Islam Kalimantan) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin untuk proses pemagangan mahasiswa di sekolah-sekolah yang ada di Banjarmasin.

Pada Rabu (15/8) itu UPPL Uniska mengundang kepala sekolah dan guru-guru dari sejumlah sekolah untuk menyamakan persepsi terkait proses pemagangan nanti.

Baca: Live Streaming SCTV Timnas U-23 Indonesia vs Palestina Asian Games 2018, Live Vidio.com

Baca: LIVE SCTV! Link Live Streaming SCTV Timnas U-23 Indonesia vs Palestina di Asian Games 2018

Baca: Hasil Timnas U-23 Hongkong vs Taiwan Asian Games 2018 Live Vidio.com, Skor Babak Pertama 4-0

Dr H Zarkawi, Pembantu Rektor 1 Uniska Banjarmasin, pemagangan erat kaitannya dengan kompetensi guru yaitu kompetensi akademik.

"Melalui magang, mahasiswa jurusan Kimia, Bahasa Inggris dan Bimbingan Konseling dapat mengenal budaya sekolah yang jauh berbeda dengan budaya kampus," jelasnya.

Saat magang, mahasiswa akan menjadi asisten guru Mapel (mata pelajaran) dan asisten guru BK. Para guru sebagai pendamping atau pamong yang memberi nilai.

Baca: Hasil Timnas U-23 Kirgistan vs Malaysia Asian Games 2018, Babak Kedua Skor 1-3, Live Vidio.com

"Mahasiwa jurusan BK akan mendapat pengalaman mengajar, mendidik dan memandirikan murid. Sedangkan guru Mapel pengalaman mengajar dan mendidik," jelasnya.

Ketua UPPL Uniska Banjarmasin, Dr H Kasypul Anwar MPd, menambahkan, dengan magang dapat melatih mereka untuk terbiasa dengan suasana mengajar di sekolah.

"Setelah pertemuan dengan para kepala sekolah dan guru ini, selanjutnya kami akan memberikan pembekalan kepada mahasiswa yang akan magang," jelasnya.

Baca: Hasil Timnas U-23 Kirgizstan vs Malaysia, Babak Pertama Malaysia Unggul 1-0, Live Vidio.com

Selama ini 90 persen pemagangan di Banjarmasin, 10 persennya mahasiswa melakukan magang di sekolah daerah asal.

Hj Zuhdiah Spd MPd, Kepala SMPN 29 Banjarmasin, menyatakan, dengan pemagangan maka sangat membantu mahasiswa dan juga pihak sekolah.

"Otomatis para guru pun akan meningkatkan prpfesionalismenya. Mereka harus membimbing mahasiswa di sekolah," jelasnya.

Selain tu para guru pamong akan terbantu. Penting pula dapat meningkatkan kedisiplinan di sekolah karena dengan adanya mahasiswa magang maka terjadi kontrol sosial.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved