Yayasan Adaro Bangun Negeri

Tantangan Semakin Kompleks, YABN Siapkan Pelajar Tabalong-Balangan Untuk Hadapi Kemajuan Abad 21

Tantangan Semakin Kompleks, YABN Siapkan Pelajar Tabalong-Balangan Untuk Hadapi Kemajuan Abad 21

Tantangan Semakin Kompleks, YABN Siapkan Pelajar Tabalong-Balangan Untuk Hadapi Kemajuan Abad 21
istimewa/ Yayasan Adaro Bangun Negeri
Diskusi dan tukar pikiran menjadi aktivitas yang paling sering ditemui untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa 

BANJARMASINPOST.CO.ID - "ACBE-PBE!.. Bisa! Bisa! Bisa!" Gelora bergemuruh, suara dari puluhan siswa dari berbagai sekolah yang berbeda berkumpul dengan semangat yang sama, memberikan dedikasi terbaik dalam bidang pengetahuan.

Sedayung, dua pulau terlampaui dapat menjadi kiasan yang mewakili kegiatan ini, bukan hanya membentuk pribadi yang siap dan sigap memasuki kemajuan abad 21 dengan 4C's (Kemampuan berkomunikasi, berkolaborasi, berpikir kritis dan memecahkan masalah, serta berpikir kreatif dan berinovasi) tapi juga bersama memecahkan permasalahan lokal dan global melalui penelitian sains yang terukur dan terpercaya.

YABN Adaro
YABN Adaro (istimewa/ Yayasan Adaro Bangun Negeri)

Amanat UUD '45 dalam mencerdaskan anak bangsa dilaksanakan baik dalam program Adaro Community Based Education (ACBE) oleh Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN). Sebagai pelaksana salah satu tugas CSR Adaro, YABN berkomitmen untuk terus mendorong pendidikan di Tabalong dan Balangan untuk mampu bersaing dan berkompetisi secara global.

Direktur YABN, Okty Damayanti berpesan, agar peserta harus benar-benar memanfaatkan kegiatan ACBE untuk meraih prestasi cemerlang, baik lokal, nasional, maupun internasional.

"Jadilah pemimpin dunia di berbagai bidang. Kejarlah mimpi setinggi langit, terlibatlah dalam memecahkan permasalahan dunia," katanya.

Direktur YABN, Okty Damayanti  berpesan kepada siswa untuk memanfaatkan kegiatan Intensive Training ACBE  sebagai bekal meraih prestasi yang dapat membanggakan negeri
Direktur YABN, Okty Damayanti berpesan kepada siswa untuk memanfaatkan kegiatan Intensive Training ACBE sebagai bekal meraih prestasi yang dapat membanggakan negeri (istimewa/ Yayasan Adaro Bangun Negeri)

Sebagai informasi, program ACBE ini merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk membentuk bibit-bibit peneliti dan pemimpin dunia yang berkompeten dengan keterampilan abad 21, diantara Intensive Training yang merupakan inti dari pemantapan topik penelitian berdasarkan permasalahan sehari-hari dan lokal, tapi berstandar internasional.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut ini diikuti oleh 26 sekolah yang terdiri dari 10 sekolah dari Kabupaten Balangan dan 26 sekolah dari Kabupaten Tabalong.

Selain diikuti oleh 74 siswa, 34 guru pendamping turut berpartisipasi, baik tentang pengarahan topik penelitian maupun menyamakan frekuensi tentang pola pikir memberikan pembelajaran yang mampu membekali siswa dengan keterampilan abad 21.

Sejumlah percobaan dilakukan  peserta Intensive Training selama 4 hari kegiatan-1
Sejumlah percobaan dilakukan peserta Intensive Training selama 4 hari kegiatan-1 (istimewa/ Yayasan Adaro Bangun Negeri)

Pada penyelenggaraan kegiatan ini, YABN mengandeng konsultan pendidikan profesional dari perguruan tinggi yang memiliki pengalaman penelitian yang kredibel, valid, serta memiliki publikasi internasional, yaitu dosen Fakultas Pertanian ULM, Agung Nugroho STp, MSc PhD serta dosen Swiss-German University sekaligus founder Rumah Sains Ilma, Dr A Muzi Marpaung selama 3 hari berturut-turut.

Tidak sampai disitu, penguatan untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk topik penelitian sebagai bekal melakukan konferensi bertaraf internasional, YABN juga mengundang Dr Gumawang Jati MA yang merupakan dosen ITB.

Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help