Berita Tanahbumbu

Bhabinkamtibmas Karangbintang Sosialisasi Karhutla ke Pelosok Desa

Kapolres Tanahbumbu AKBP Kus Subiyantoro SIK memerintah seluruh jajarannya untuk melakukan sosialisasi Karhutla.

Bhabinkamtibmas Karangbintang Sosialisasi Karhutla ke Pelosok Desa
istimewa
Bripka M Sofyan melakukan sosialisasi kepada warga binaannya 

Bhabinkamtibmas Ini Sosialisasikan Bahaya Karhutla

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Saat ini Kabupaten Tanahbumbu memasuki musim kemarau. Datangnya musim kemarau tersebut menjadi ancaman terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Kkarhutla).

Sebab itu, Kapolres Tanahbumbu AKBP Kus Subiyantoro SIK memerintah seluruh jajarannya terkhusus bagi bhabinkamtibmas yang bertugas di desa-desa untuk melakukan sosialisasi.

Baca: LIVE SCTV! Link Live Streaming Timnas U-23 Indonesia vs Laos via SCTV Vidio.com, Asian Games 2018

Para Bhabinkamtibmas Polsek jajaran Polres Tanahbumbu pun kini gencar melaksanakan sosialisasi dan penyebaran himbauan Kapolres Tanahbumbu tentang Karhutla kepada warga. Hal ini untuk mengantisipasi, terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Tanahbumbu.

Satu di antaranya yang dilakukan oleh Kanit Binmas Polsek Karang Bintang Bripka M Sofyan. Polisi ini, turun langsung ke desa melaksanakan sosialisasi dan penyebaran imbauan. Imbauan itu berisikan tentang bahaya Karhutla kepada warga di Desa Manunggal Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanahbumbu.

Baca: Jadwal Siaran Langsung SCTV Pembukaan (Opening Ceremony) Asian Games 2018 Sabtu, 18 Agustus 2018

Adanya kegiatan sosialisasi seperti itu diharapkan mampu memberikan pencerahan serta kesadaran sosial dan hukum. Tentunyan yang menjadi sasaran adalah seluruh warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan.

"Hal-hal yang tidak dibenarkan yaitu membuka lahan pertanian dengan cara melakukan pembakaran hutan, membuang putung rokok sembarangan maupun membuat titik api dekat lahan atau hutan yang mudah terbakar karena sangat rentan melebar dan membesar," kata Bripka M Sofyan.

Menurutnya, aksi bakar lahan sama sekali tidak dibenarkan. Sehingga memang perlu mendatangi warga satu persatu agar bisa sadar untuk bersama-sama memerangi karhutla.

Baca: Pendekar dari Tanahlaut Ini Tahan Dibacok Bahkan Dipukulkan Batako

"Caranya, kami menyambangi para warga desa untuk meningkatkan komunikasi serta menyampaikan himbauan terkait larangan Karhutla. Pada prinsipnya mereka mendukung kegiatan ini dan akan bersama sama menjaga hutan agar tidak sampai terjadi kebakaran," katanya.

Ditambahkan Kapolsek Karangbintang, Ipda Jenny Rahman, Jumat (17/8/18) mengatakan semua jajarannya sudah diperintahkan untuk melakukan sosialisasi. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Kami harap masyarakat bisa menjaganya secara bersama-sama dan melaporkannya bisa terjadi kebakaran agar bisa cepat ditangani," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved