Berita Banjarmasin

Dari Segi Kesehatan, ini Makna Merdeka Menurut Ahli Gizi

Merdeka dari segi kesehatan individu adalah apabila seseorang berhasil mempertahankan status gizi dalam batas normal.

Dari Segi Kesehatan, ini Makna Merdeka Menurut Ahli Gizi
banjarmasinpost.co.id/salmah
Wahyu Hardi Prasetiyo 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Merdeka dari segi kesehatan individu adalah apabila seseorang berhasil mempertahankan status gizi dalam batas normal.

Demikian dikatakan Wahyu hardi Prasetiyo MPH RD/Dietesien RSUD Ulin Banjarmasin yang praktik gizi dan dietetik di Klinik Spesialis RS Sari Mulia Banjarmasin.

"Berarti dapat menerapkan pola gaya hidup gizi seimbang harian sesuai berat badan, aktivitas, umur, jenis kelamin, kekhususan," ujarnya.

Baca: Hijaber Linda Kayhz Berbagi Tips Membuat Jilbab Anti Letoy Tegak Paripurna, Pas untuk Iduladha

Selain itu dalam penerapan gizi mampu mengatur asupan sehari-harinya dengan membatasi secara cermat makanan yang mengandung karbohidrat yang mudah diserap, yaitu minuman manis, kue-kue manis baik tradisonal dan pabrikan.

Mengkonsumsi karbohidrat kompleks sebagai variasi dan tidak mengkonsumsi sebagai makanan.

Selingan secara sering jika ada yang mengandung serat.

Baca: Dituduh Irfan Hakim Hanya Akting saat Pingsan, Via Vallen Bilang Berhati Kotor

"Juga menerapkan variasi asupan lauk hewani, lauk nabati, sayuran yang cukup banyak sekitar 400 gram, buah segar 300 gram minimal," terangnya.

Dan yang menjadi eksekusi kita, olahan makanan yang bervariasi, meningkatkan asupan makanan yang optimal dan hasil akhir proporsi berat badan yang ideal.

"Yang lebih merdeka itu juga pembatasan pemakaian bumbu penyedap, penambahan bahan makanan tambahan, meminimalkan pemakaian gula, cukup masuk dibumbu saja," papar Wahyu.

Baca: Ini Tata Cara dan Doa Menyembelih Hewan Kurban Lengkap Beserta Artinya Saat Idul Adha 10 Dzulhijjah

Nah, dengan demikian merdeka itu bisa diterapkan di mana saja, khususnya target pencapaian kita. Jika berhasil, itu merupakan keberhasilan yang merdeka.

Tingkatkan setiap tahunnya untuk semua meraih merdeka, berat badan ideal serta penerapan asupan bagi tubuh yang aman diprioritaskan.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help