Berita Tanahlaut

Ingin Dapat Remisi di Rutan Pelaihari? Ini Syaratnya Versi Karutan

Sebanyak 173 warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Pelaihari memperoleh remisi umum pada HUT ke-73 Kemerdekaan RI

Ingin Dapat Remisi di Rutan Pelaihari? Ini Syaratnya Versi Karutan
banjarmasin post group/ mukhtar wahid
Penjabat Bupati Tanahlaut, Siswansyah menyerahkan surat remisi bagi warga binaan yang langsung bebas sesuai peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia di Stadion Pertasi Kencana Pelaihari, Jumat (17/8/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sebanyak 173 warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Pelaihari memperoleh remisi umum pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Itu setelah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) memberikan remisi atau pengurangan masa pidana. Surat remisi diserahkan, Jum'at (17/8/2018).

Dari jumlah 173 napi yang mendapat remisi, 4 orang warga binaan langsung dinyatakan bebas menghirup udara segar diluar Rutan Pelaihari. Dua perwakilan mantan narapidana, Edi Suroso, warga Kotabaru dan Ani, warga Desa Tanjungdewa, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut.

Baca: LIVE SCTV! Link Live Streaming Timnas U-23 Indonesia vs Laos via SCTV Vidio.com, Asian Games 2018

Edy Suroso divonis penjara selama empat tahun karena terlibat kasus jambret dan Ani divonis penjara 4 bulan karena terlibat kasus pencurian. Keduanya mengaku senang mendapat remisi dan insaf setelah menjadi warga binaan.

Plt Kepala Rutan Klas II B Pelaihari, Agus Sarwoko, mengatakan pemberian remisi tersebut merupakan hak bagi seorang warga binaan, yang diberikan pada momen tertentu.

Baca: Jadwal Siaran Langsung SCTV Pembukaan (Opening Ceremony) Asian Games 2018 Sabtu, 18 Agustus 2018

Menurut Agus Sarwoko, setiap peringatan Kemerdekaan Indonesia, setiap narapidana yang telah memenuhi syarat akan diberikan pengurangan masa tahanan atau remisi yang diberikan dari 15 hari sampai 6 bulan.

Agus Sarwoko menjelaskan syarat penerima remisi adalah berkelakuan baik dan minimal sudah menjalani masa pidana selama enam bulan di lapas atau Rutan tempat napi ditahan.

Baca: Tekad Bangkit Marcus/Kevin demi Indonesia Jelang Bulutangkis di Asian Games 2018 Live Indosiar

"Hak remisi tersebut tercantum dalam Keputusan Presiden Nomor 174 Tahun 1999," jelasnya.

Agus Sarwoko berharap kepada warga binaan yang memperoleh remisi, agar menjadikan masa selama berada di Rutan untuk memperbaiki diri.

"Terus berbenah diri, khusus yang telah memperoleh remisi bebas agar tidak mengulangi lagi perbuatannya," harapnya.

Baca: Adakan Lomba Panjat Paralon, Warga Sungaiandai Kesulitan Naik ke Puncak

Penjabat Bupati Tanahlaut, Siswansyah berkenan menyerahkan surat remisi kepada Edi Suroso dan Ani seusai peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia di Stadion Pertasi Kencana Pelaihari.

Informasi dihimpun reporter Banjarmasinpost.co.id, dari Humas Rutan Pelaihari, dari 173 warga binaan yang mendapat remisi, berikut ini rinciannya, 8 orang memperoleh remisi 1 bulan, remisi 2 bulan sebanyak 34 orang, remisi 3 bulan sebanyak 58 orang, remisi 4 bulan sebanyak 25 orang, dan remisi 5 bulan sebanyak 7 orang,serta 1 orang yang mendapat remisi 6 bulan.

(banjarmasinpost.co.id / Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help