Berita Hulu Sungai Tengah

Aktivis #SaveMeratus, Mapala dari Jakarta dan Yogyakarta Kibarkan Merah Putih di Puncak Halau-halau

Pada HUT Ke-73 RI tahun 2018 ini, sejumlah aktivis lingkungan di Kalsel naik ke puncak Pegunungan Halau-halau, Kabupaten HST.

Aktivis #SaveMeratus, Mapala dari Jakarta dan Yogyakarta Kibarkan Merah Putih di Puncak Halau-halau
istimewa
Pengibaran merah putih di Muncal Calang, Kampung Kiyu Desa Hinas Kiri, HST, Jumat 17 AGutsus 2018 oleh para aktivis lingkungan di HST, Kalsel dan luar Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pendakian puncak tertinggi di Kalsel, yaitu  puncak Halau-halau di Pegunungan Meratus Kabupaten Hulu Sungai Tengah rutin digelar tiap tahun, dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI.

Pada HUT Ke-73 RI tahun 2018 ini, sejumlah aktivis lingkungan di Kalsel yang selama ini gencar menyuarakan Save Meratus di Bumi HST tak ketinggalan, melaksanakan tradisi tersebut.

Peserta yang mengikuti misi  melakukan pendakian untuk mengibatkan merah putih di Halau Halau tersebut,  adalah Walhi Kalsel, bersama Dinas Lingkungan Hidup HST, BLHD Kalsel, Kompas ‘Borneo’ Unlam, Mapala Uniska, Mapala Meratus UIN Antasari Banjarmasin, Orpala Garimbas HST, Mapala Stasia Universitas Muhammadiyah Jakarta, Mapala 45 Universitas 17 Agustus Jakarta, Palagos Barabai, Mapagama Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Namun sebelumnya, dilaksanakan upacara pengibaran bendera pada 17 Agustus 2018 di Muncal Calang, Kampung Kiyu Desa HInas Kiri Kecamatan BAT, HST.

Kegiatan tersebut juga diikuti kalangan masyarakat adat Pegunungan Meratus. Setelah  upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI di Muncal Calang  sejumlah aktivis lingkungan dari berbagai daerah dari dalam dan luar Kalsel itu pun melanjutkan perjalanan mendaki puncak Halau Halau yang memiliki ketinggian 1901 mdpl.

“Upacara ini menjadi bagian tak terpisahkan dari gerakan #SaveMeratus,”kata  Nursiwan, Aktivis lingkungan dari HST, melaui press rilis kepada BPost.

Dijelaskannya, saban tahun Halau-halau menjadi tujuan pendakian pada saat kemerdekaan Indonesia.

Namun, tahun ini, sesuai mandat  tahun lalu,  pendakian dengan misi mengibarkan merah putih tepat di HUT Kemerdekaan di laksanakan di kawasan Kahung, Kabupaten Banjar.

“Upacara dan pendakian di Pegunungan Meratus ini bukan tandingan terhadap yang di Kahung. Ini merupakan bentuk nyata dukungan para aktivis lingkungan terhadap penyelamatan Pegunungan Meratus. Juga menjadi bagian dari gerakan #SaveMeratus,” ujar Nursiwan atau biasa disapa Incus.

Hingga Sabtu ini,para aktivis lingkungan tersebut masih belum turun dari puncak Halau Halau.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help