Berita Kabupaten Banjar

Belum Paham Soal Penyembelihan Hewan Kurban, MUI Banjar Adakan Pelatihan di Tempat Ini

Pelatihan tersebut diadakan oleh Komisi Kaderisasi Pendidikan dan Pengembangan Seni Budaya MUI Kabupaten Banjar

Belum Paham Soal Penyembelihan Hewan Kurban, MUI Banjar Adakan Pelatihan di Tempat Ini
Isti Rohayanti
Pelatihan penyelenggaraan ibadah kurban. Sejumlah peserta merupakan pengurus masjid dan langgar serta utusan dari desa 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Menjelang hari Raya Idul Adha, atau yang dikenal sebagai hari raya kurban, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banjar menggelar pelatihan pemotongan hewan kurban.

Pelatihan tersebut diadakan oleh Komisi Kaderisasi Pendidikan dan Pengembangan Seni Budaya MUI Kabupaten Banjar, Sabtu (18/8/2018) di Islamic Center Mufti Tuan Guru Besar HM Anang Djazouly Seman di Jalan A Yani KM 39, Kabupaten Banjar.

Pada pelatihan tersebut, disampaikan oleh Ketua Pelaksana kegiatan, H Safroyani peserta merupakan pengurus-pengurus masjid, langgar dan perwakilan dari sejumlah desa di Kabupaten Banjar.

Baca: Live TVRI, Metro TV & TVOne - Berikut Susunan Acara Opening Ceremony Asian Games 2018

Tentunya kegiatan itu ia terangkan bertujuan untuk melatih ilmu pengetahuan tentang cara penyembelihan dari sudut pandang agama atau metode penyembelihan menurut ilmu fiqih serta praktek agar apa yang dilakukan tidak salah ke depannya.

"Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan ini menyangkut tentang fiqih qurban kemudian diadakan praktek penyelenggaraan penyembelihan dan diskusi tentang pelaksanaan ibadah kurban itu," jelas Safroyani yang juga sekaligus Komisi Kaderisasi Pendidikan dan Pengembangan Seni Budaya MUI Kabupaten Banjar

Baca: Hasil Akhir Timnas U-23 Indonesia vs Laos Asian Games 2018 - Skor Akhir 3-0, Jaga Peluang Lolos

Selain itu menurutnya selama ini dalam pengamatan pihaknya, mungkin masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang penyelenggaraan hewan kurban. Termasuk penyembeilhannya.

Sehingga permasalahan itupun dikatakan Safroyani menjadi alasan pelatihan digelar.

Secara simbolis, kegiatan pelatihan penyembelihan hewan kurban dilakukan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Kabupaten Banjar, Masruri. Sedangkan narasumber kegiatan yakni KH Khatin Salman.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help