Home »

Video

Berita Hulu Sungai Tengah

NEWS VIDEO : Pekik Merdeka Di Pedalaman Meratus

Untuk pertama kalinya, lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di Desa Datar Batung Kecamatan Batangalai Timur, Kabupaten HST

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Untuk pertama kalinya, lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di Desa Datar Batung Kecamatan Batangalai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Jumat (17/8/2018).

Untuk pertama kali pula, di desa yang bisa dijangkau melewati hutan pegunungan dengan waktu tempuh sekitar tiga jam perjalanan menggunakan sepeda motor ini merayakan HUT RI yang tahun ini memasuki usia 73 tahun.

Baca: Desa Terpencil di Kalsel Ini Baru Lakukan Upacara Bendera Setelah 73 Tahun Indonesia Merdeka

Perayaan hari kemerdekaan kali ini menjadi istimewa bagi warga setempat. Merekapun antusias. Sejak pagi pukul 08.00 wita, puluhanbanak-anak berkumpul di halaman balai Adat Desa Datar Batung. Rumah balai merupakan pusat kegiatan masyarakat setempat.

Peringatan HUT RI ke 73 kali ini diawali dengan menggelar upacara pengibaran bendera merah putih. Sebelumnya tim Barito Mania (Bartman) Barabai yaitu komunitas pencinta klub sepakbola Barito Putera yang menyelenggarakan kegiatan ini memberikan pengarahan dan pelatihan tatacara upacara bendera. Juga latihan singkat baris berbaris, dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming SCTV Opening Ceremony Asian Games 2018, Ada Via Vallen & Ariel

Akhirnya pelaksanaan upacara dilaksanakan dipimpin Kepala Desa, Ramal, berjalan lancar meski dengan perlengkapan seadanya. Seperti teks proklamasi, ditulis pakai tulisan tangan menggunakan secarik kertas lusuh. Mereka juga datang dengan pakaian seadanya.

"Ini pertama kali warga kami melaksanakan upacara bendera,"kata kades.

Usai upacara, dilanjutkan tarian bagintur sebagai ucapan selamat datang kepada para tamu di desa mereka. Selanjutnya, dilaksanakan aneka lomba, antara lain main batungkau (engrang), sumpit, balap karung, balogo, makan kerupuk dan bakiak atau terompah.

Baca: Ayah yang Hamili Putri Kandung di Jorong Ternyata Sempat Rekayasa Cerita, Sopir Beridentitas Palsu

Keceriaan anak-anak meratus di desa terpencil tersebut bertambah, saat BPost membagikan majalah bobo, bacaan anak-anak bantuan dari Kompas Gramedia. Anak-anak rebutan buku bacaan yang menurut merek pertama kali melihat majalah anak-anak tersebut.

Malam sebelumnya, Bartman Barabai menggelar nonton bareng film perjuangan dengan judul Bandung Lautan Api melalui film layar lebar. Nonbar dihadiri seluruh masyarakat desa tersebut, dilaksanakan di balai adat Datar Batung.

Koordinator Bartman Barabai, Akhmad Royani menjelaskan, program melaksanakan upacara peringatan hut kemerdekaan RI merupakan program tahunan, dalam rangka membantu pemerintah menanamkan cinta Tanah Air kepada warga di desa terpencil yang masih saja ada yang belum mengetahui kapan hari lahir negeri sendiri. Hal tersebut karena masih rendahnya tingkat pendidikan mereka.

Baca: Kronologi Tewasnya Pekerja Tambang Batu Bara Ditebas Saat Tidur, Ada Ceceran Darah di Pelataran

"Kami juga ingin membuat senyum ceria anak-anak di pedalaman dengan sejumlah permainan dan lomba khas 17 Agustusan seperti halnya dirasakan anak-anak diperkotaan,"ungkap Royani. Disebutkan, untuk kegiatan ini pihaknya mendapat support dari Ketua DPRD HST H Saban Effendi, wakil Ketua DPRD Tajudin Jainudin Bahrani,anggota DPRD Athailah Hasbi, PT MCM, PT SIP, Banjarmasin Post Group serta Kompas Gramedia.

Desa Datar Batung merupakan salah satu desaterpencil di kecamatan BAtangalaibTimur HST, yang bisa diakses hanya dengan kendaraan roda dengan waktu tempuh sekitar tiga jam dari kota kabupaten, Barabai. Penduduk setempat bermata pencaharian sebagai petani ladang bwrpindah serta petani karet dan berkebun cabai.

Untuk sampai ke desa tersebut harus melewati jalan bervariasi, mulai bertanah merah, berbatu, jalan setapak hingga jalan sempit di tengah hutan.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help